Begini Tips Rekrut Karyawan Ala LinkedIn

in ,
Cara Rekrut Karyawan

Demi untuk perkembangan karir mereka, para profesional muda Indonesia yang bekerja di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), sedang mencari pembelajaran keterampilan terutama sekali di bidang teknologi. Begitulah data terbaru yang diungkap LinkedIn.

Menurut data terbaru LinkedIn tersebut ditemukan jika UKM di Indonesia sedang mencari para profesional yang sudah siap dengan skill atau keterampilan di dunia teknologi. Sehingga mampu mengadopsi segala teknologi digital untuk meningkatkan daya saing mereka.

Nah kali ini Dafunda Tekno ingin membagikan beberapa tips rekrut karyawan seperti yang dilakukan LinkedIn. Cocok banget nih bagi UKM yang sedang membangun usaha untuk pertumbuhan bisnisnya. Yuk simak berikut kiat- kiat merekrut dari LinkedIn.

Tips Rekrut Karyawan dari LinkedIn

1. Pertimbangkan hard-skill & soft-skill Sesuai Kebutuhan Bisnis Kamu

Saat ini semua UKM sudah dapat memanfaatkan platform untuk mencari keterampilan yang paling dibutuhkan. Dengan begitu akan menciptakan segala inovasi baru di masa yang akan datang.

Pada proses rekrut karyawan nanti UKM juga wajib memperhatikan hal lain seperti soft-skill dimana mereka memiliki kreativitas dan pemikiran dalam bisnis. Dengan begitu mereka akan siap menghadapi segala tantangan persaingan dan juga mampu memanfaatkan segala peluang dalam berbisnis.

2. Jelaskan atau Perlihatkan Budaya dan Tujuan dari Perusahaan

Para karyawan UKM di Indonesia suka dengan konten yang profesional. Hal tersebut dari terbukti dari data ada 28% karyawan UKM Indonesia mengikuti laman LinkedIn perusahaan.

Nah disinilah kamu dapat memanfaatkan kesempatan dengan membagikan lowongan pekerjaan, mengunggah foto, video, hingga artikel soal rasanya bekerja di perusahaan kamu.

JANGAN LEWATKAN •
Microsoft telah membeli LinkedIn seharga 349 Triliun Rupiah Secara Tunai!

Selain itu kamu juga dapat melihat fitur Open for Business di LinkedIn yang memungkinkan untuk menampilkan layanan perusahaan kamu. Sehingga dengan begini, para calon karyawan atau pelanggan dapat menemukan informasi mengenai perusahaan.

3. Menawarkan Peluang Pembelajaran Serta Pengembangan

Ingin selalu untuk belajar dan mengembangkan diri adalah ciri dari karyawan UKM di Indonesia, dan ada perbedaan dari perusahaan besar. Jika mereka para karyawan UKM lebih memilih mengembangkan ‘big data’ sebagai keterampilan. Sedangkan karyawan perusahaan besar lebih banyak mengembangkan manajemen proyek serta kerja sama tim.

Nah bagi pengusaha UKM, kamu mampu memberikan program pembelajaran dan pengembangan untuk tim. Hal tersebut bisa didapat melalui kursus online singkat yang dapat dilakukan oleh individu atau kelompok.


Saran Dafunda Tekno bagi UKM yang ingin mencari banyak saran ata masukan soal perekrutan dan sumber daya manusia, kamu bisa kunjungi halaman LinkedIn for Business.