Sebenarnya ini adalah informasi yang dapat kamu temukan beberapa minggu yang lalu, tapi tidak salahnya jika saya ingin menginformasikan kembali topik yang mungkin bisa menjadi penting bagi sebahagian orang terutama yang melek Teknologi di tanah air. Sebelum itu pastinya kalian tahu Google bukan? Perusahaan yang di mulai dengan mesin pencarian mereka hingga menjadi raksasa seperti saat ini saya rasa sudah menjadi bagian hidup masyarakat modern di Indonesia.

Kamu bisa menemukan informasi melalu Google pencarian, Menonton video Streaming di Youtube, atau menggunakan sistem operasi Android pada Smartphone kamu yang notabene nya adalah produk Google. Orang Indonesia suda benar – benar memanfaatkan Semua layanan Google dalam kehidupan sehari – hari dan menganggap besar Perusahaan itu.

Lalu apa yang dipikirkan Oleh orang yang berada di balik Google tentang Indonesia? Hal itulah yang ingin saya informasikan kepada kalian Sahabat Tekno, dan sekarang kita bisa mengetahuinya lewat perbincangan santai antara petinggi Google sebelum peresmian Kerjasama Project Loon dengan Operator Telekomunikasi Indonesia. salah satu pendiri Google yaitu Sergey Brin sempat berkata kalau ingin mengunjungi Indonesia.

JANGAN LEWATKAN
Google Ciptakan Inkubator Startup Untuk Karyawan yang Suka Kabur

“Saya kira, meski jarak fisik dari sini ke Indonesia sangat jauh, tapi secara emosional jaraknya menjadi semakin dekat,” tutur Brin saat memberikan sambutan di peresmian tersebut.

Nah, dalam perbincangan para petinggi Google tersebut kita bisa mengetahui pandangan mereka tentang Negara Kita Indonesia Raya. Apa kata mereka? berikut ini adalah Beberapa hal yang bisa kita ketahui:

Indonesia Kaya Konten

Ternyata menurut Google Indonesia merupakan Negeri kaya konten. Ben Gomes, VP Engineering dan Google Fellow sempat menyebutkan Indonesia dalam penjelasan mereka. Ketika menjelaskan Knowledge Graph, Gomes harus mengetahui adanya negeri bernama Indonesia dan harus mengetahui kalau Joko Widodo adalah presidennya dan hal lain yang berhubungan dengan Indonesia.

Ben Gomes, VP Engineering dan Google Fellow, pun sempat menyebutkan Indonesia dalam penjelasannya. Saat menjelaskan Knowledge Graph, Gomes menjelaskan bahwa mesin pencari Google harus mampu memahami adanya negara bernama Indonesia dan bahwa Joko Widodo adalah presidennya dan hal-hal lain yang terkait.

Kemampuan mesin Google untuk memahami informasi tersebut, dan konteks serta keterhubungannya dengan informasi lain, memungkinkan mereka untuk menghadirkan hasil pencarian yang relevan tentang Indonesia. Bagaiamana bisa Google mendapatkan Informasi seperti itu? terima kasih kepada Rakyat Indonesia terutama Blogger seperti saya yang terus memperbaharui Informasi berupa Tulisan dan lain – lain yang di buat dalam bahasa Indonesia. Seperti yang di katakan Gomes:

JANGAN LEWATKAN
Inilah 10 Situs Yang Banyak Dikunjungi Pengguna Internet Seluruh Dunia

“Indonesia untungnya memiliki banyak konten berbahasa Indonesia, bandingkan dengan India yang punya masalah berbeda karena banyak sekali penduduk berbahasa Hindi tapi konten dalam bahasa itu sulit ditemukan,” ujarnya.

Ya, 90% penulis Indonesia memulai karirnya dengan menulis dengan bahasa Sendiri. Di India sendiri mereka lebih cenderung untuk menulis dengan bahasa Inggris.

Jen Fitzpatrick, VP Google yang bertanggung jawab atas layanan pemetaan dari Google yaitu Google Maps juga menyebutkan kalau Indonesia adalah negeri yang sangat unik. Terutama dari budayanya, dia bahkan berkata:

“(Borobudur) masuk dalam daftar wilayah yang ingin saya kunjungi. Karena, saya melihatnya lewat Street View dan tampak mengagumkan,” tutur Jen.

Indonesia adalah Satu dari tiga Negara penting Menurut Google

Di lain kesempatan, Caesar Sengupta selaku VP Product Management Google, mengatakan kalau Indonesia itu adalah salah satu dari 3 (tiga) negara penting dalam upaya Pengembangan Google.

JANGAN LEWATKAN
Aplikasi Terbaru Google Tilt Brush Yang Memberikan Layanan Menggambar Di Dunia VR

Upaya yang bertajuk “The Next Billion User Effort” adalah sebuah inisiatif Goole untuk mendapatkan pengguna lebih banyak lagi yang selama ini belum dapat mereka jangkau. Tiga negara penting tersebut adalah Indonesia, India, dan Brasil.

Sering sekali Google membenamkan fitur baru yang mereka kembangkan di Indonesia terlebih dahulu, misalnya saja Search Lite yang ternyata di perkenalkan Google di Negeri kita ini. Dan juga Yotuube Offline yang berkemampuan untuk menyimpan dan memutar Youtube Video secara Offline (tanpa koneksi).

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang mendapatkan Android One untuk pertama kali. bekerjasama dengan empat manufaktor berbeda yaitu Nexian, Evercross, Mito, dan Infinix.

Keberadaan Developer Indonesia Juga Penting

Yang paling banyak di bicarakan dalam bincang santai antara pendiri Google dan juga petinggi di Negara kita adalah para Developer yang ada di Indonesia. Menurut Jason Titus yang merupakan VP Developer Products Group Google, Developer di Indonesia Mampu berinisiatif, baik itu program yang telah di canangkan atau masih di rencanakan.

Titus berkata kalau pihaknya telah berkonsenstrasi untuk membantu Developer di Indonesia untuk membuat aplikasi, memberikan pengetahuan tentang pengguna dan akses lebih baik bagi mereka untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang mereka kembangkan.

JANGAN LEWATKAN
100 Lebih Perintah Suara Google Now Yang Harus Kamu Ketahui

Titus juga mengatakan kalau pihaknya juga telah mengadakan beragam kegiatan di Indonesia untuk membantu Developer di Indonesia agar lebih berkembang. seperti Kegiatan Hack of Impact yang di adakan di Jakarta. ada Juga kegiatan Launchpad Week yang saat di bicarakan belum di Gelar.

Tapi Kegiatan Launchpad Week sudah di Gelar pada tanggal 9 sampai 13 November 2015. Launchpad Week di adakan untuk memberikan untuk memberikan suntikan kepada perusahaan agar mendapatkan siklus hidup yang lebih baik. Google sepertinya memandang positif para pengembang yang ada di Indonesia. yah, walaupun tidak sebesar yang mungkin kita kira. Setidaknya Sudah ada pengakuan dari Google untuk developer dalam negeri.

 

Itulah yang dipikirkan oleh para petinggii Google tentang negeri kita Indonesia. Bagaimana menurut kamu? berikan pendapat kamu melalui kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman atau saudara anda agar kita bisa membahasnya bersama.

 

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.