Bos Apple Cemooh Facebook Libra Soal Haus Kekuasaan

in ,
Bos Appel Soal Mata Uang Libra Milik Facebook

CEO Apple, Tim Cook mulai angkat bicara soal proyek blockchain Libra punya Facebook. Cook mengatakan jika usaha mencari kekuasaan yang dilakukan Facebook cukup terang-terangan.

Pernyataan yang dilontarkan oleh Cook tersebut muncul setelah ditanya apakah ada kemungkinan Apple juga akan meluncurkan uang digital sendiri. Terutama sekali setelah banyaknya investasi Apple di dompet digital, pembayaran mobile, dan peluncuran kartu kredit Apple Card.

“Tidak, saya berpikir jika mata uang seharusnya dipegang oleh negara. Saya tidak merasa nyaman dengan ide terkait grup privat yang juga ikut kontribusi dalam mata uang” ungkap Cook saat diwawancara. Sebenarnya perusahaan privat tidak harus mencari kekuasaan dengan cara ini”.

Mata Uang Libra

Pernyataan ini muncul tidak lama setelah PayPal memberikan pengumuman keluar dari Libra Association. Mereka merupakan lembaga nonprofit dimana di dalamnya juga ada Facebook dan dibentuk untuk mengawasi pembuatan mata uang digital Libra.

JANGAN LEWATKAN •
Mircosof Buat Antivirus untuk macOS, Ini Keunggulannya

Walaupun pernyataan Cook dan keputusan PayPal keluar dari lembaga tersebut, ini tidak ada kaitan sebenarnya. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga jika PayPal keluar, maka akan menjadi masalah besar bagi pengembangan Libra. Terutama sekali di segi prospek perizinan mata uang digital tersebut.

Lalu Cook juga berkomentar untuk Libra yang begitu menarik, tidak hanya ditujukan ke Facebook, dimana sebelumnya juga sudah sering diserang oleh Apple terkait masalah privasi pengguna. Begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Facebook sendiri sudah mempoles Libra untuk dijadikan sebagai jalan untuk membangun teknologi blockchain generasi terbaru. Harapannya bisa membantu semua orang di negara berkembang supaya lebih mudah mengakses layanan perbankan.

Jika memang Libra berhasil bekerja, maka sudah dapat dipastikan peran Facebook akan semakin besar peran di kehidupan sehari-hari. Hal ini karena mata uang digitalnya bisa digunakan untuk berbelanja, menabung, dan juga mengirim uang ke negara lain. Masalah inilah yang disebut oleh Cook sebagai perebutan kekuasaan besar.