Saat ini sudah banyak sekali penyedia lagu berbayar melalui Internet. dengan membeli sebuah lagu, kita bisa mendownloadnya langsung tanpa perlu ribet mencari CD original nya di toko.

Namun, jika di tanya siapa yang pertama kali membuat sistem jual beli lagu di Internet. Maka banyak yang berkata perusahaan dengan logo buah bernama Apple yang pertama kali membuatnya. Memang Apple iTunes sangatlah fenomenal saat di perkenalkan oleh Steve Jobs pada tahun pertamanya.

Siapa Sangka! Apple bukanlah perusahaan pertama yang menjual lagu di Internet. David Bowie yang merupakan seorang seniman dan musisi lah yang menjadi orang pertama yang menyadari peluang ini dan memanfaatkan Internet.

“Jika saya bisa kembali ke umur 19 tahun, saya akan melewatkan musik dan langsung ke internet,” kata David Bowie pada pertengahan 1998 silam.

Musisi legendari ini memang telah menyadari kemampuan internet yang bsai mengubah dunia dari segala sektor. Salahsatunya adalah Sektor Musk yang telah dia geluti lebih dari 50 juta tahun lamanya.

JANGAN LEWATKAN
Bos Apple Bisa di Penjara Jika tidak bisa di ajak bekerja sama

David Bowie, Orang pertama yang Menjual lagu di Internet dengan metode Download

Pada tahun 1996, Bowie menjadi seniman dan musisi pertama yang mendistribusikan llagu secara Online. pada saat itu, Single nya yang berjudul “Telling Lies” dirilis ekslusif di jagat dunia maya. Setidaknya lebih dari 300 ribu penggemer Bowie membeli lagu nya di Internet dengan cara mengunduh.

Tentu nya dari data ini dapat kita ketahui kalau Bowie 5 tahun lebih awal memperkenalkan sistem jual lagu lewat internet dari pada Apple. Steve Jobs yang saat ini menjabat sebagai CEO memperkenalkan iTunes pada tahun 2001. Langkah bowie ini yang di ikuti Apple langsung menjadi tenar dan di ikuti oleh artis kawakan lainnya.

Selain itu, Bowie juga membuat situs profesional yang memuat banyak konten tentangnya. seperti Perjalanan karir musiknya dari masa ke masa; album, single, tur musik, dan cerita tentang dirinya yang terhimpun dan di tata dengan rapi dalam situsnya.

JANGAN LEWATKAN
10 Prosesor Smartphone Paling Cepat Tahun 2016, Siapakah Juaranya?

Bowie Mencanangkan Live Streaming Konsernya pada tahun 1997

Bowie juga lah yang membuat konsep live Streaming pada konsernya yang bertajuk “Earthling”. Konser yang di gelar di Boston (AS) itu juga ramai di tonton lewat Internet. Namun, karena ekosistem yang tidak mendukung membuat Video tampak pecah dan tempo yang tersendat – sendat. Akan tetapi konser live streaming nya juga tergolong suskses hingga di gunakan pada era serba cepat saat ini.

Membuat Layanan Distribusi Musik BowieNet

Yah, walaupun usaha Bowie kurang mendapatkan hasil yang signifikan kala itu tidak membuatnya menyerah dengan Internet. Hingga pada tahun 1998, Bowie meluncurkan layanan Bertajuk “BowieNet”. Layanan itu di maksudkan untuk fans dan mendistribusikan musik bowie secara lebih efesien dan juga efektif.

JANGAN LEWATKAN
Pemerintah Minta Apple dan Google Hapus Uber Taiwan dari Toko Aplikasi, Mengapa?

Nantinya para subscriber (pengunjung terdaftar) bisa mengakses arsip fotografi, Video, dan wawancara ekslusif media bersama Bowie. adapun konten lain seperti blog, perjalanan karir, dan berita – berita lainnya yang berhubungan dengan sang legenda itu.

Untuk membuat daya tarik tersendiri, Bowie juga merilis lagu ekslusif di BowieNet. Subscriber juga di beri bonus alamat Email dengan ujung @bowienet.

Bowie juga menjadikan BowieNet sebagai layanan berbasis Visual dan komunitas yang merujuk kepada para fans. Setelah beroperasi selama lebih dari 8 tahun, akhirnya BowieNet tutup karena sang legenda sudah tidak lagi produktif dalam hal musik.

Dan pada tahun 2013, Bowie hadir lagi dengan merilis Single “Where Are They Now” di situs profesionalnya. Single yang dirilis Bowie itu menjadi pengobat rindu bagi fans yang sangat menyukai karya atas sosok yang ternyata juga provokatif itu.

JANGAN LEWATKAN
Hafal Password Bapaknya, Bocah ini Menghabiskan 82 Juta di iPad Sang Ayah

David Bowie yang seorang seniman musik ternyata juga seorang Visioner. Ia melihat potensi Internet dari sudut pandang yang luas. menurutnya Internet bukan hanya alat pemasaran massa, namun juga sebagai wadah tempat memproduksi, membagi, dan meningkatkan kualitas karya miliknya.

David Bowie Telah Wafat Awal Tahun ini

Dan sangat di sayangkan, kita harus kehilangan sosok Bowie pada awal tahun ini. David Bowie tutup usia (Meninggal) pada tanggal 10 Januari 2016 pada usia 69 tahun karena kanker yang di deritanya setahun belakangan. Hingga akhir hayatpun, Bowie masih sempat merilis Album bertajuk “Blackstar” pada tanggal 8 Januari 2016 dan bisa kamu tonton di Youtube.

Sosok pertama yang menjual lagu di Internet ini patut untuk di berikan penghormatan terakhir. Semoga dirinya tenang di alam lain. Terima kasih Bowie.

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.