Cara Cek Status Hak Cipta atau Copyright di YouTube

in ,
Cara Cek Hak Cipta Video Youtube
Cara Cek Hak Cipta Video Youtube | rtbf.be

YouTube di Indonesia saat ini bisa dibilang sangat berkembang. Banyak sekali orang membuat channel YouTube berkat motivasi para YouTube sukses, seperti YouTuber yang baru-baru ini mendapatkan penghargaan Diamond dari YouTube Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Sebagai seorang YouTuber pemula, tentu harus banyak hal yang dipelajari seperti 6 Topik Konten Bagi Youtuber Pemula ini, supaya tidak salah dalam mengelola channel nantinya.

Nah ada hal lainnya juga harus diperhatikan salah satunya Hak Cipta atau yang disebut dengan Copyright menjadi masalah yang sangat sering dihadapi oleh YouTuber pemula atau YouTuber profesional. Dengan begitu, Dafunda Tekno kali ini akan memberikan cara cek status hak cipta atau Copyright di Youtube.

Yuk coba intip Berapakah Penghasilan Channel Youtube Presiden Jokowi? mana tahu bisa termotivasi dari sang presiden.

Hak Cipta atau Copyright menjadi hal yang menakutkan bagi setiap youtuber. Pasalnya jika mereka salah dalam memposting video yang mengandung copyright maka kemungkinan besar channel nya akan kena Copyrigth Strike. Copyright Strike bisa membuat gagal menotisasi dan akhirnya channel YouTube terhapus.

JANGAN LEWATKAN •
Youtube akan Masuk ke Platform Nintendo Switch!

Cara Cek Status Hak Cipta atau Copyright di YouTube

Waktu yang dibutuhkan: 6 menit.

Cara cek status hak cipta di YouTube ini sebenarnya cukup berguna bagi yang sudah membuat konten dan ingin jaga-jaga supaya YouTube bisa memonetasi akun kalian. Bagi yang belum tahu cara cek copyright di YouTube, kamu bisa lihat berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman Youtube

    Jika laman YouTube sudah terbuka dan login ke akun Gmail kamu. Selanjutnya klik pada ‘YouTube Studio
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (1)

  2. Buka menu Setelan

    Langkah selanjutnya adalah membuka menu ‘Setelan’ dengan cara klik pada gambar akun YouTube kamu. Lalu klik pada Setelan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (2)

  3. Langkah selanjutnya melihat copyright youtube

    Pada menu setelan, klik pada ‘Status dan fitur channel
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (3)

  4. Selanjutnya masuk ke Creator Studio

    Langkah berikutnya masuk ke Creator Studio dengan cara klik pada ikon akun YouTube kamu dan klik pada ‘Creator Studio‘ yang terlihat di samping foto profil akun kamu.Cara Cek Hak Cipta Youtube (4)

  5. Cek hak cipta video YouTube

    Nah di sini karena video yang diupload masih baru, jadi tidak ada tanda-tanda yang kena copyright. Untuk mengecek konten lainnya klik pada ‘Pengelola video‘ seperti gambar di bawah ini.
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (5)

  6. Tampilan konten YouTube aman copyright

    Bisa kamu lihat gambar di bawah ini adalah tampilan dimana konten YouTube tidak ada masalah soal hak cipta atau copyright.
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (6)

  7. Tampilan konten YouTube kena Copyright

    Jika kena hak cipta atau copyright, maka konten YouTube atau video YouTube kamu bakal tertulis keterangan video tersebut ‘Mencakup konten berhak cipta‘.
    Cara Cek Hak Cipta Youtube (7)

JANGAN LEWATKAN •
YouTuber Ini Dapat Diamond Play Button Tanpa Miliki 10 Jt Subscribers, Caranya?

Selain mengandalkan penghasilan dengan Adsense di YouTube kamu juga bisa coba 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Selain Adsense ini

Demikian cara cek status Hak Cipta atau Copyright di Youtube. Semoga konten YouTube kamu tidak melanggar Hak Cipta ya guys! Semoga bermanfaat.