Seiring waktu persaingan disektor teknologi semakin ketat. Salah satu produk smartphone sekarang sudah banyak dipasaran Indonesia. Mulai dengan harga yang super mahal sampai dengan harga yang paling murah. Sangat disayangkan, gak semua smartphone yang ada dipasaran itu asli buatan pabrikan atau alias cuma hanya replika (smartphone palsu).

Walaupun sebagian besar smartphone replika tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan aslinya. Namun kali ini DafundaTekno akan membagikan beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang smartphone replika. Penasaran? ayo simak berikut ulasannya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Tentang Smartphone Palsu (Replika)

1Rata-rata Smartphone Replika Itu Murah Banget

Kamu pernah gak menemukan smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S7 atau iPhone 7 ditawarkan dengan harga 2 atau 3 jutaan. Padahal yang aslinya, harga yang dibandrol smartphone terabaik itu adalah bisa sampai 10 jutaan lho.

JANGAN LEWATKAN
Ada Yang Tahu? 7 Cara Membuat Layar Smartphone Tergores Jadi Mulus Seperti Baru

Nah, jika sempat Kamu temukan lagi smartphone flagship tersebut yang ditawarkan dengan harga yang murah, jangan langsung percaya dan langsung membelinya. Karena itu sudah terbukti smartphone replika alias palsu.

Yaps, ketika kita lihat dari luarnya sungguh mirip dengan smartphone flagship aslinya. Namun disaat mencoba smartphone flagship yang berharga cukup miring dengan biasanya tidak akan sama. Fitur didalam akan terlihat abal-abal.

2Periksalah Keadaan Bodi Smartphone, Replika Biasanya Cacat Bodi

Bodi smartphone replika memang identik sama dengan smartphone aslinya, namun jenis smartphone replika selalu ada cacat. Dalam arti bisa Kamu dapatkan hal ini jika Kamu mau lebih teliti sebelum membeli smartphone replika dari bentuk pasti aneh gak akan mirip dengan aslinya. Contohnya seperti posisi audio jack maupun posisi kamera atau flash.

JANGAN LEWATKAN
10 Smartphone Terbaik 2015 Berdasarkan hasil Benchmark AnTuTu

Nah, sebaiknya sebelum membeli smartphone baru jangan pernah ragu untuk mencari informasi mengenai smartphone yang mau Kamu beli. Biar Kamu gak ketipu dan menyesal kemudian hari.

3Cek Nomor IMEI Smartphone yang Ingin Kamu Beli

Perlu Kamu ketahui, setiap smartphone sudah memiliki nomor IMEI alias nomor seri masing-masing smartphone. Nah disaat Kamu membeli smartphone terutama dengan harga yang murah, padahal aslinya berharga murah. Maka sangat wajib mengecek nomor IMEI di smartphone dengan menekan tombol *#06# di smartphone.

Jika sudah terlihat nomor IMEI di layar, Kamu bisa mencocokkan nomor IMEI nya dengan yang tersedia dikotak penjualan. Kamu juga bisa mengecek nomor IMEI smartphone melalui situs di imei.info.

4Fitur Kamera Gak Pernah Bisa Bohong

Nah jika Kamu membeli smartphone flagship dengan harga murah yang katanya asli, maka usahakan untuk menguji kualitas kameranya. Kamera di smartphone flagship asli pasti kualitasnya mumpuni sesuai dengan yang ditawarkan. Sangat beda dengan kualitas kamera dari smarphone replika.

JANGAN LEWATKAN
100 Lebih Perintah Suara Google Now Yang Harus Kamu Ketahui

Cara untuk menguji keaslian kamera smartphone flagship melalui metadata fotonya. Jadi, ketika Kamu memindahkan ke laptop atau PC biasanya foto akan menampilkan metadata alias exif. Disitu sudah tertera infomasi lengkap tentang smartphone, mulai dari model dan pembuat kameranya.

Nah, disini akan terbukti asli atau palsu dari metadata dan spesifikasi sesuai gak dengan smartphone yang sudah ditentukan spesifikasinya.

5Lebih Afdhol, Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Ngecek Keaslian Smartphone

Selain beberapa cara yang sudah DafundaTekno sebutkan diatas, Kamu juga bisa memastikan smartphone baru Kamu beli asli atau palsu melalui bantuan aplikasi pihak ketiga. Seperti AnTuTu Benchmark, atau CPU-Z.

Nah untuk AnTuTu biasnya dipakai untuk menampilkan beberapa hasil pengujian seperti data dan performa. Jika hasil yang Kamu dapat berbeda dengan spesifikasi asli, maka Kamu patut curiga.

JANGAN LEWATKAN
10 Daftar Smartphone Terbaik Bulan Juli 2016

Sementara itu kalau aplikasi CPU-Z akan membantu Kamu untuk mengetahui informasi dan spesifikasi sesuai dengan standar smarphone. Selain itu, di aplikasi ini Kamu juga bisa membandingkan informasi smartphone dengan informasi pada laman resmi vendor dari situs internet yang sudah pernah mengulasnya.

Gimana, sangat mudah bukan untuk mengetahui smartphone palsu (replika)? setelah membaca artikel ini, Jangan pernah salah membeli lagi ya? Kamu tentu sudah bisa membedakan mana smartphone flagship asli atau palsu. Jangan lupa bagikan kepada teman atau saudara Kamu supaya mereka juga tidak salah dalam membeli nanti.

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...