Begini Cara Membalas Pesan WhatsApp Otomatis Tanpa WA Business

in ,
Tutorial Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis
Tutorial Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis | kurio.id

Fitur membalas pesan WhatsApp secara otomatis atau yang disebut dengan autoreply memang baru saja tersedia di WhatsApp (WA). Tetapi masih versi Business yang ditujukan kepada para pemilik usaha.

Tetapi pengguna WhatsApp reguler kini juga sudah bisa membalas pesan otomatis, Tetapi tidak bisa mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tetapi tahu tidak jika ada bantuan aplikasi pihak ketiga. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa membuat seperti chatbot untuk membalas pesan secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi WA.

Tutorial Cara Membalas Pesan WhatsApp Otomatis

Sebenarnya sudah banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk membalas pesan WA secara otomatis lewat aplikasi Google Play Store.

Tetapi kali Dafunda Tekno ingin merekomendasikan aplikasi Auto Reply yang dibuat oleh PransuInc. Karena aplikasi tersebut bisa di bilang fiturnya cukup lengkap dan gratis. Lalu bagimana cara menggunakan aplikasi tersebut atau membalas pesan WhatsApp otomatis?

JANGAN LEWATKAN •
Mata Uang Digital Milik Facebook Bakal Hadir Bulan Ini

Cara Membalas Pesan WhatsApp Otomatis

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Bagi yang belum tahu cara membalas pesan WhatsApp otomatis. Mungkin kamu sedang membaca artikel yang tepat. Karena di sini Dafunda Tekno bakal kasih tahu tutorial cara membalas pesan WhatsApp secara otomatis di bawah ini.

  1. Download Auto Reply

    Bagi yang belum punya aplikasinya, kamu bisa download melalui tautan ini.Auto Reply For Whats Autorespond Bot

  2. Buka aplikasi Auto Reply

    Jika sudah diunduh dan terpasang di smartphone kamu, buka aplikasinya. Klik pada ikon + (plus) yang berada di tengah bagian bawah untuk membuat chatbot.
    Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis (2)

  3. Pilih jenis aplikasi WhatsApp

    Selanjutnya pilih jenis aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business.
    Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis (4)

  4. Masukkan jenis kata yang diinginkan

    Kemudian masukkan kata kunci, pengguna bisa langsung membuat isi balasan secara otomatis yang mereka inginkan. Caranya memiliki opsi pengaturan lainnya dan gulir ke bawah.
    Kamu bisa membuat balasan fomral jika nomor WhatsApp yang digunakan untuk bisnis. Atau pesan kasula jika nomor WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi dengan teman.
    Jika sudah membuat isi pesan balasan otomatis tersebut, jangan lupa klik pada ikon ‘centang’ yang berada di sebelah kanan bawah aplikasi.
    Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis (1)

  5. Menggunakan fitur auto reply

    Nantinya balasan otomati bakal muncul di halaman utama Auto Reply. Seperti gambar di bawah ini. Kamu juga bisa menonaktifkan dengan klik pada pesan tersebut hingga ujung tab berwarna merah.
    Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis

  6. Membalas pesan WhatsApp secara otomatis

    Mulai sekarang kamu sudah bisa membalas pesan WhatsApp otomatis. Para penerima balasa bakal menerima pesan otomatis tersebut setelah memasukkan kata kunci yang telah dibuat tadi. Seperti di bawah ini kira-kira tampilannya.
    Cara Membalas Pesan Whatsapp Otomatis (3)

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengakses WhatsApp di Mac dengan Mudah

Mudah Sekali Bukan?

Jika mereka memasukkan kata kunci ‘Menu’, pengguna bakal mendapat pesan balasan otomatis yang memang telah dipicu oleh kata ‘Menu’.

Namun yang perlu kamu catat, supaya pesan balasan otomatis di WhatsApp yang sudah dibuat pengguna. Pasitkan toggle Auto Reply yang ada di bagian kanan atas aplikasi harus diaktifkan. Selain itu jangan lupa memastikan aplikasi tersebut tetap berjalan di background ponsel.