Sebelumnya Facebook sudah menyediakan fitur foto 360 derajat sejak Juni 2016 lalu, hanya saja sampai saat ini masih banyak pengguna yang masih bingung dengan cara menggunggahnya kedalam format foto 360 derajat di aplikasi Facebook.

Sebenarnya cara membuat foto 360 derajat di Facebook sangatlah mudah. Kerennya lagi, fitur ini tidak membutuhkan kamera khusus untuk membuat konten yang hendak ingin dibagikan ke Facebook.

Cara memanfaatkan fitur ini adalah dengan mengunggah foto panorama ke Facebook. Nantinya sistem secara otomatis akan mengubah format foto ke tampilan 360 derajat, dan cara mengunggahnya sama seperti biasanya Kamu mengunggah foto lainnya.

Nah, disini pengguna hanya perlu memilih “Update Status” atau tab “Photo” lalu pilih panorama, juga bisa menulis caption, kemudian pilih lokasi atau tag teman sesuai dengan keinginan, dan langkah terakhir tekan tombol “Post”.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Membuat Obrolan (chatting) Rahasia di Facebook Messenger

Bagusnya lagi, jika kamera smartphone sudah mendukung format 360, juga bisa menggunakan cara membuat foto semacam diatas. Diantara kamera yang sudah memiliki kemampuan seperti itu adalah seperti Ricoh Theta S, LG Cam 360, Samsung Gear 360.

Sebelum proses pengunggahan, biasanya foto yang ingin dijadikan format 360 derajat sudah dilengkapi dengan logo berbentuk bulat yang berada dibagian kanan bawah. Disaat ingin mengambil panorama, pengguna bisa memanfaatkan kamera atau software bawaan di smartphone atau tablet.

Sekarang untuk perangkat Android sudah banyak menyediakan fitur foto panorama yang bisa pengguna dapatkan secara cuma-cuma. Selain itu pada iPhone berbasis iOS 9 juga sudah dilengkapi fitur tersebut.

Namun, jika pengguna tidak memiliki fitur tersebut, sekarang Kamu sudah bisa mendapatkan aplikasi panorama atau 360 derajat yang tersedia. Diantara aplikasi yang bisa Kamu manfaatkan seperti Google Camera, Street View, Cardboard Camera, dan Theta S. Disamping itu, Kamu juga bisa menggabungkan foto menjadi panorama dengan menggunakan aplikasi seperti PTGui.

JANGAN LEWATKAN •
Hasil Studi Membuktikan, Lebih Dari 48 Juta Akun Twitter Bukan Punya Manusia

Perlu diperhatikan disini, Facebook mengggunakan fitur foto 360 derajat hanya bekerja dengan hasil foto yang dijepret dengan sudut 100 derajat atau lebih. Jadi jika proses pengambilan tidak secara landscpae keseluruhan, Kamu perlu melakukan percobaan untuk mengetahui ukuran 100 derajat yang sebenarnya.

Cara Memanfaatkan Serta Menikmati fitur foto 360 Derajat

fitur 360 derajat

Disatu sisi pengguna lain juga bisa menikmati konten 360 derajat melalui smartphone, PC, atau menggunakan headset realitas virtual atau yang disebut dengan virtual reality (VR). Pada smartphone pengguna cukup menggoyangkan perangkat ke kiri, kanan, atas, bawah. Foto yang tampak keseluruhan lebih perspekstif.

Bagi pengguna yang ingin menikmati menggunakan PC, pastinya harus memerlukan kursor untuk menggulir layar ke berbagai sudut pandang. Pengalaman yang tidak tertandingi adalah menggunakan perangkat VR. Pengguna cukup mengarahkan kepala ke berbagai arah, sesuai dengan perspektif yang ingin dilihat.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 5 Aplikasi Yang Boros Kouta Internet

Baik itu foto dan video dengan format 360 derajat sendiri, sedang buming belakangan ini, bahkan disaat upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke -71 disiarkan dengan menggunakan format 360 derajat melalui Youtube