Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Foto HEIF di HP Samsung Galaxy

in ,
Harga Hp Samsung

Sebagian dari HP samsung Galaxy terbaru saat ini sudah memiliki fitur irit kapasitas ruang memori. Salah satu fitur tersebut adalah dengan menggunakan format foto HEIF. Lalu apa keunggulan dari format HEIF itu dan bagaimana cara menggunakannya?

Pada umumnya file gambar yang dihasilkan dari kamera HP Samsung memiliki format JPG. Selain memiliki resolusi yang baik dan tidak mengurangi kualitas gambar.

Namun kamu tahu tidak jika HP iPhone sudah menggunakan HEIF picture format di foto. Ternyata di HP Samsung juga sudah tersedia fitur tersebut, cuma sebagian dari kita masih banyak belum tahu.

Apa itu Format HEIF pada Gambar?

High Efficiency Image File (HEIF) merupakan format gambar yang sudah terbilang sangat bagus hasilnya dibandingkan dengan JPEG sntandar. Selain memiliki kualitas gambar yang bagus, format ini memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat menghemat penggunaan memori smartphone.

BACA JUGA:

File gambar HEIF di HP Samsung Galaxy walaupun terbilang kecil dari pada JPEG, namun kualitas dan resolusi gambar masih tetap bagus. Bahkan format ini sudah banyak diadopsi oleh beberapa perangkat smartphone untuk mempercepat proses gambar dan hemat memori.

Cara Mengaktifkan Fitur Foto HEIF HP Samsung Galaxy

Time needed: 3 minutes.

Kali ini Dafunda Tekno ingin membagikan beberapa langkah cara mengaktifkan fitur format HEIF saat mengambil gambar dari Galaxy Seri A seperti A30 dan A50. Cara ini bisa kamu gunakan pada HP samsung tipe lain yang sudah didukung fitur tersebut.

  1. Buka aplikasi kamera di HP Samsung

    Lalu pilih menu Camera Settings yang berada di deretan atas berupa ikon roda

  2. Selanjutnya pilih Save Option

    Lalu aktifkan fitur HEIF Picture (Photo)

  3. Jika sudah kembali ke kamera awal

    Kamu sudah siap menggunakan format HEIF untuk hasil gambar yang kamu ambil di Samsung Galaxy tersebut

Jadi sekarang disaat kamu membidik sebuah objek atau melakukan selfie, maka file foto akan menjadi format HEIF bukan lagi JPG seperti settingan awal HP Samsung. Namun foto masih tetap bisa kamu akses melalui galeri seperti biasanya.

Tetapi disaat kamu ingin mengirim gambar format HEIF, belum semua perangkat sudah mendukung format tersebut. Jadi pastikan dulu perangkat yang ingin kamu kirim gambar sudah mendukung fitur HEIF juga.


Itulah cara mengaktifkan fitur HEIF di HP Samsung Galaxy. Jika kamu ada pertanyaan, langsung saja melalui kolom komentar di bawah ini ya gengs!