Cara Mengatasi Windows 10 Gagal Booting

0
13006

Salah satu masalah yang sering menjadi kegelisahan pengguna komputer khususnya pengguna windows 10 adalah terjadinya error windows 10 yaitu pada saat gagal booting. Banyak hal yang dapat menyebabkan windows gagal booting. Seperti kurang sempurna saat proses upgrade ke windows 10, biasanya masalah ini akan menyebabkan windows 10 mengalami boot loop. Dan masih banyak lagi masalah pada windows 10 yang menyebabkan gagal booting.

Penyebab gagal booting Yang lain bisa dikarenakan :

  • Me ngutak-atik dan salah edit registry,
  • Terkena virus,
  • Jarang mendefrag partisi,
  • Salah menginstal driver,
  • Komputer kehabisan baterai dan mati saat proses Update Windows

Cara Memperbaiki Windows 10 Gagal Booting

Masalah Preparing Automatic Repair di Windows 10

  1. Restart komputer, laptop, atau notebook Anda.
  2. Setelah muncul BIOS atau tampil merk tipe dan nama laptop anda, tekan F8 secara berulang ulang (kecuali Windows 10 tidak bisa menggunakan cara ini karena secara default pengaturan untuk masuk safe mode dinonaktifkan)
  3. Maka akan muncul panel yang berisi banyak menu.
  4. Pilih Safe Mode, jangan pilih Safe Mode Networking atau Safe Mode with Command Prompt.
REKOMENDASI KAMI
Windows 10 Mobile sudah dipasangkan dalam satu Juta Smartphone

Apabila cara tersebut belum dapat terselesaikan, saatnya melakukan langkah yang sedikit rumit. Pada proses ini, Anda membutuhkan kaset CD/DVD atau Flashdisk Operating System Windows yang sesuai dengan yang Anda pakai. Hal yang terpenting adalah harus memiliki kesamaan tipe seperti Ultimate, Professional, Home Basic, Startup, Enterprise, dll. Kasus terakhir yang saya alami, saya sudah menggunakan Windows 10 di laptop dan saya menggunakan kaset DVD Windows 8 untuk menyelesaikan masalah ini dan berhasil. Langkah-langkahnya agar windows Anda dapat berjalan dengan normal dan tidak looping terus dapat mengikuti cara berikut:

  1. Hidupkan komputer atau laptop anda.
  2. Pada saat muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 untuk merubah setting Booting.
  3. Masukkan CD/DVD/Flashdisk Master Windows Anda.
  4. Ubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan jika anda menggunakan flashdisk yang berisi OS Windows ubah First Boot menjadi USB.
  5. Tekan F10 untuk melakukan SAVE. Restart komputer anda.
  6. Setelah di restart akan muncul tulisan ‘ Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ‘ Tekanlah tombol apapun pada keyboard anda.
  7. Tunggu sampai masuk ke installer Windows, lalu pilih Repair Your Computer.
  8. Tunggu beberapa saat, karena komputer akan melakukan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
  9. Selanjutnya akan muncul jendela task yang memiliki 5 pilihan bagi anda. Anda dapat mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
REKOMENDASI KAMI
Fitur Baru di Windows 10 Bikin Komputer Kamu Kebal dari Serangan Ransomware

Note : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

Pilihan terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos.

Ketik DIR C: Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem agar dapat diakses dan diperbaiki.

Ketiklah salah satu opsi di bawah ini satu persatu (tidak sekaligus), mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER.
bootsect.exe/nt60 c:
bootsect.exe/nt60 all
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootrec.exe /rebuildbcd
bootsect /nt60 all /force /mbr

Jika ada tulisan ‘The operation completed succesfully’ silahkan restart komputer. Jangan menulis semua perintah eksekusi diatas.

REKOMENDASI KAMI
Kenali Beberapa Masalah di Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Cara tersebut kebanyakan berhasil untuk cara mengatasi booting yang error di windows atau tidak dapat masuk windows dan hanya bisa ke BIOS. Jika tidak berhasil, anda harus melakukan install ulang.