Cara Menggunakan NFC di HP Samsung Untuk Melakukan Pembayaran Digital

in ,
Cara Menggunakan Nfc Hp Samsung

Dafunda Tekno – Berikut cara menggunakan NFC di HP Samsung untuk melakukan pembayaran secara digital.

Kamu sudah tahu belum apa itu NFC pada ponsel? NFC (Near-Field Communication) merupakan salah satu fitur premiun yang saat ini sudah banyak diterapkan di perangkat menegah. Termasuk juga di smartphone Samsung.

Dengan adanya fitur ini ponsel yang memiliki fitur ini lebih mudah untuk melakukan pembayaran hanya dengan memindai berkas. Atau hanya dengan mendekatkan perangkat dengan aksesoris tambahan yang sudah mendukung NFC.

Fungsi NFC di Smartphone

Nah bagi yang belum tahu apa kegunaan dari NFC, fitur ini adalah satu set protokol komunikasi jarak dekat yang dapat bekerja tanpa kabel. Fungsinya dapat menghubungkan perangkat lebih cepat dan aman serta mudah dalam hal pembayaran digital atau transfer data lainnya.

Sekarang beberapa smartphone Samsung sudah tersedia fitur NFC dan jika ponsel kamu sudah memiliki fitur ini, maka harus diaktifkan terlebih dahulu. Nah seperti pada smartphone umumnya, kamu dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan. Lebih lengkapnya kamu bisa simak berikut caranya.

JANGAN LEWATKAN •
Seberapa Tangguh Baterai Samsung Galaxy Note 10 Plus?

Cara Menggunakan NFC di HP Samsung untuk Melakukan Pembayaran

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan dulu apakah perangkat HP Samsung kamu sudah mendukung fitur NFC. Jika memang smartphone Samsung kamu sudah ada NFC, yuk ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buka menu Settings di smartphone Samsung kamu
  • Masuk ke bagian Connections
  • Lalu di bagian pengaturan itu aktifkan dengan cara geser NFC and payment ke arah on (menyala).
Cara Menggunakan Nfc Di Hp Samsung
Gadgetren

Nah jika sudah aktif, sekarang sudah bisa menggunakannya. Cara menggunakan NFC di HP Samsung cukup mendekatkan perangkat ke perangkat lainnya. Perlu di perhatikan, pastikan bagian yang didekatkan harus pas, supaya koneksi berhasil dilakukan.

Seperti yang sudah Dafunda Tekno jelaskan di atas, NFC hanya dapat bekerja dalam jarak yang sangat dekat, serta antena NFC memiliki lokasi berbeda untuk setiap perangkat.

JANGAN LEWATKAN •
3 Smartphone Flagship Terbaru Samsung Kembali Bocor di Dunia Maya

Untuk pengaturan NFC lebih lanjut, kamu dapat membuka opsi NFC and payment setelah tombol NFC aktif. Di dalamnya ada fitur Tap and pay dimana bisa digunakan untuk mengatur pembayaran yang akan digunakan.


Itulah di atas cara menggunakan NFC di HP Samsung untuk melakukan pembayaran digital. Nah sekarang kamu lebih mudah membayar segala hal yang sudah mendukung NFC tanpa perlu membawa uang tunai.