Berikut ini adalah cara menghentikan autoplay video di Browser pada beberapa browser diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer, Opera, Facebook.

Terkadang banyak orang merasa sangat menyebalkan jika tiba-tiba peramban atau browser memutar video secara otomatis di situs tanpa perintah untuk memutar. Pada saat itu juga membuat bandwidth sangat boros ketika buffering, ditambah lagi speaker atau earphone sedang keadaan volume maksimal, hal tersebut tentu akan mengagetkan siapa saja bukan ?

Adakah cara menghentikan autoplay video di browser ketika berputar secara otomatis ? Tentu ada, artikel satu ini akan menjawab semua keluhan yang Kamu alami, yang perlu Kamu perhatikan disini adalah ikuti beberapa langkah dibawah ini sesuai dengan browser yang Kamu gunakan.

Cara Menghentikan AutoPlay Video di Browser

1Google Chrome

Cara Menghentikan autoplay video di browser yang berputar secara otomatis di browser Google Chrome adalah dengan cara Klik pada tombol menu (ikon yang bergambar tiga garis) berada di pojok kanan atas, kemudian pilih “advanced” lalu klik pada “Content settings” pada bagian Privacy.

Nantinya akan muncul jendela baru, lalu gulir kebawah kemudian pilih opsi “Let me chosee when to run plugin content” jadi jika sudah sekarang klik tautan “Manage individual plugins”

JANGAN LEWATKAN
Aplikasi Baru Dari Opera Bisa Buka Situs Apa Saja, Download Disini VPN Nya!

Sekarang pada Windows plugins, sekarang temukan Adobe Flash Plater lalu hilangkan tanda centang pada opsi “Always allowed to run”.

Google Chrome

Nah sekarang Chrome tidak otomatis lagi ketika memutar video berbasis flash. Nantinya ruang video pada situs tertentu akan berubah seperti kepingan bergambar seperti kepingan puzzle.

Apa masih bisa diputar video tersebut ? tentu bisa, pengguna bisa memutar secara manual dengan cara klik kanan kemudian pilih opsi “run this plugin“.
Pengguna masih bisa memutar video yang bersangkutan secara manual dengan klik kanan dan memilih opsi “run this plugin”. Jika Kamu ingin mengaktifkan pemutaran video secara otomatis berbasis HTML5 adalah dengan mengunduh extension Disable HTML5 Autoplay” dari webstore langsung.

2Mozilla Firefox

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah mengetik “about:addons” (tanpa tanda kutip) pada kolom URL untuk membuka menu setelan add-on browser Mozilla Firefox. Pada Tab sebelah kiri klik di menu Plugin kemudian cari parameter “Shockwave Flash” lalu kubah pilihan dari drop-down pada menu sisi kiri dari “Always activate” sehingga menjadi “Ask to Activate“.

Nah, sekerang mengenai konten video flash dalam situs tidak diputar secara otomatis dan hampir sama dengan Chrome diatas, akan muncul gambar berbentuk kota putih dengan logo flash ditengahnya.

JANGAN LEWATKAN
Cara Mudah Membuat Obrolan (chatting) Rahasia di Facebook Messenger

Mozilla Firefox

Sekarang video bisa diputar dengan cara klik “allow” pada bar notifikasi playback video yang muncul di bagian atas jendela browser Mozilla Firefox. Nah untuk menghentikan pemutaran video otomatis HTML5 cukup ketikan “about:config” pada kolom komentar URL di Firefox.

Kemudian klik tombol “I;ll be careul, I promise!” pada bagian pemberitahuan yang muncul, lalu cari parameter “media.autoplay.embed” di kolom seacrh pada bagian atas. Sekarang klik dua kali pada baris teks untuk mengubah nilainya dari “true” sehingga menjadi “false”.

3Internet Explorer

pada bagian menu atas windows, klik pada “Tools” kemudian “Manage add-ons”, akan muncul jendela barum sekarang pilih “Toolbars and Extensions” yang berada disebelah kiri. Tunggu sebentar akan ada opsi lengkap yang berada disisi kanan.

Lalu cari opsi “Shockwave Flash Object” yang berada disisi kanan, tepatnya dubawah kategori “Adobe”. Nantinya akan ada pemberitahuan baru. Tinggal klik tombol “Remove a;; sites” yang berada pada bagian bawahnya.

internet explorer

Nah jika langkah diatas sudah dilakukan, konten video flash yang berada disitus akan kosong, memang tidak ada lagi sama sekali. Jadi jika ingin memutar video, perhatikan pada bar notifikasi yang berada di sisi bawah, disitu ada pilihan untuk memutar video, caranya klik pada tanda “X” yang berada di sebelah kanan.

JANGAN LEWATKAN
7 Aplikasi Android yang Paling Boros RAM dan baterai Tahun 2015

Untuk format video HTML5, sampai saat ini belum tersedia bagaimana cara untuk menghentikan video yang berjalan secara otomatis di browser Internet Explorer.

4Microsoft Edge

Secara default Mirosoft Edge tidak memiliki opsi bisa mematikan pemutaran video secara otomatis, baik itu berbasis Flash atau HTML5.

Namun browser baru ini di Windows 10 menyediakan pengaturan untuk dapat mematikan semua flash. Caranya gampang, tinggal klik pada tombol menu (bertanda icon tiga titik) pada bagian pojok kanan atas.

Microsoft Edge

Nah pada kolom yang berada sebelah kanan, pilih “settings” pada bagian bawah, klik “View advanced settings” kemudian matikan switch di parameter “Use Adobe Flash Player”.

5Opera

Cara mematikan autoplay di browser Opera sangat gampang, ketikkan “about:config” pada bagian kolom URL, kemudian pilih Tab “Websites” pada menu “Prefernces”. Kemudian carai menu Plu-in disebelah kiri, lalu akftifkan pilihan “click to play”.

Browser Opera

Nah untuk video berbasi HTML5, karena ini masih berbasis Chromium, Opera bisa saja menggunakan extension sama seperti pada browser Google Chrome. Kamu cukup menggunakan extension “Disable HTML 5 Autoplay” yang dapat diunduh langsung di Webstore Opera.

JANGAN LEWATKAN
Facebook Bakalan Hadir Dengan Aplikasi Kamera Terpisah

6Facebook

Terakhir adalah pada Facebook yang memang salah satu sosial media tidak boleh ketinggalan seharian pun untuk membukanya. Secara default Facebook sudah menyiakan pilihan bagi penggunanya untuk memutar video yang ditayangkan di News Feed secara otomatis.

Facebook yang diakses menggunakan browser di desktop cara mematikan cukup klik pada tombol menu yang ditandai berupa panah kebawah yang berada di pojok kanan atas layar, lalu klik “Settings”.

Facebook

Pada kategori yang berada di sebelah kiri, klik pada “videos” lalu matikan opsi “Auto-Play Videos” melalui menu drop-down yang berada disisi kanan. Nah bagi pengguna alikasi Facebook Mobile caranya sama, klik pada tombol menu bertanda (tiga garis) kemudian pilih “App Settings” dan “Video Autoplay”.

Nah begitulah cara menghentikan autoplay video di browser diatas yang bisa Kamu terapkan segera jika merasa terganggu mengenai video yang terputar secara otomatis pada beberapa browser diatas. Jika ada yang cara untuk browser lainnya yang tidak #DafundaTekno sebutkan diatas, jangan lupa dishare melalui kolom komentar dibawah ini ya 😀

Tambahan informasi
Kalau Mau fitur AutoPlay Video Aktif kembali caranya cukup Mudah, Tinggal lakukan langkah yang sama. Hanya saja Fungsinya akan kalian Balik seperti semula.