Sudah tidak asing lagi dengan Cortana bukan? jika belum, Saya akan memberi sedikit ulasan tentang Asisten pribadi terbitan Microsoft ini. Cortana Adalah sebuah asisten pribadi yang berbasis digital yang pertama kali di perkenalkan Microsoft melalui sebuah perangkat Mobile yang memiliki sistem operasi Windows Phone versi Windows Phone 8.1.

Cortana telah mendapat berbagai komentar positif dari berbagai penggunanya. misalnya saja peramalan cuaca yang tepat, menebak tem atau negara yang akan menang di dalam sebuah pertandingan, dan masih banyak lagi. Cortana bisa kita jalankan melalui perintah suara untuk melakukan hal-hal yang membantu kita misalnya dalam pemasangan waktu alarm, mencari lokasi, bahkan kita bisa menyuruhnya bernyanyi sebagai hiburan. dan ini bisa kita lakukan hanya dengan melalui perintah suara.

JANGAN LEWATKAN
Jadi Perbincangan Hangat, Surface Phone Rilis Akhir Tahun 2017

Pada awalnya Cortana hanya tersedia pada region Amerika Serikat (United States) dan hanya men-support bahasa inggris saja. Namun lambat laun, seiring dengan berjalannya waktu dan banyak komentar-komentar positif bahkan tidak sedikit orang-orang ingin Cortana di hadirkan di negaranya, Microsoft mulai membalas request dari pengguna windows phone dan mulai menghadirkan di beberapa negara misalnya Jerman, Cina, dan beberapa negara lainnya tapi Indonesia masih saja belum mendapat bayangan cerah akan hadirnya asisten pribadi ini.

Cortana mulai menyaingi kepopuleran asisten-asisten tetangganya yaitu Google Now pada Android dan Siri pada IOS. kepopuleran ini tentu tidak sekedar omongan, namun dari bukti-bukti yang didasarkan dan ketepatan jitu dari Cortana itu sendiri.

JANGAN LEWATKAN
Windows Phone Terbaru Akan Gandeng Prosesor Seperti Laptop/PC

Kini Cortana tidak hanya tersedia di Windows Phone, Cortana telah dihadirkan juga di perangkat Android, namun tidak sepenuhnya dapat berjalan seperti yang dapat dilakukan di windows phone karena ciri khas dan kelebihan cortana hanya terdapat di Windows Phone. Cortana juga di hadirkan di Windows 10 baik laptop maupun Mobile.

Baru-baru ini Cortana dikabarkan telah di hadirkan di negara India pada versi Windows 10 Mobile Insider Fast Ring. Dengan ini negara yang di jajah Cortana telah bertambah 1. Tentu saja Cortana ini masih dalam tahap perkembangan. Namun ini sudah cukup memukul semangat pengguna Windows Phone di Indonesia. Pasalnya Cortana tidak kunjung Hadir di Indonesia. Bagaimana menurut Kamu? akankah Cortana turut hadir di Indonesia?