Facebook Bikin Messenger Rooms untuk Video Call Hingga 50 Orang

in ,
Messenger Rooms Milik Facebook
Messenger Rooms Milik Facebook | inews24.it

Facebook sepertinya tidak ingin kalah dengan Zoom cloud meetings. Karena kini mereka merilis fitur percakapan baru bernama Messenger Rooms yang bisa menampung banyak orang di satu video konferensi. Messenger Rooms bisa melakukan video telekonferensi sampai 50 orang.

Messenger Rooms ini langsung diumumkan oleh CEO, Mark Zuckerberg pada acara siaran langsung yang dilakukan secara online.

“Berkat hadirnya pesan video bukan hal baru lagi bagi kamu. Namun kami ingin perdalam lagi dan hal itu sesuai dengan tema kami secara umum” jelas Zuckerberg.

Facebook Umumkan Messenger Rooms untuk Telekonferensi

Messenger Rooms
Messenger Rooms | The Verge

Maksud dari perkataan Zuckerberg itu adalah fokus untuk membuat fitur perpesanan lebih pribadi lagi ketimbang seperti selama ini yang diterapkan di Facebook dan Instagram.

Zuckerberg juga bakal membuat fitur di Facebook atau Instagram yang bisa membantu para orang-orang untuk menemukan kelompok kecilnya. Lalu bisa berkomunikasi lebih intim lewat platform perpesanan pribadi seperti Messenger Rooms.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Share Lagu dari Spotify ke Facebook Story

Messenger Rooms nanti dapat diakses lewat Facebook atau aplikasi Messenger. Fitur ini sudah ada di Facebook sebagian besar negara. Namun untuk di Messenger baru bakal diluncurkan dalam beberapa pekan depan.

Nanti penyelenggara video konferensi sudah bisa memilih apakah ingin membuka telekonferensi secara publik atau membatasi dengan peserta yang diundang saja. Peserta yang ingin bergabung mesti menggunakan akun Facebook.

Sama halnya seperti di Zoom dan Skype, mereka nanti dapat langsung terhubung ke Messenger Rooms melalui tautan yang dikirim pengundang. Host atau admin dari telekonferensi bisa menghapus siapa saja peserta yang tidak pantas. Dan juga bisa melapor langsung ke Facebook jika ada yang berprilaku tidak baik.

Banyak Fitur-fitur Menarik di Messenger Rooms

Selain itu di Messenger Rooms ini, pengguna juga bisa menghiasi dengan filter AR (Augmented Reality). Pengguna bisa mengubah backgroud video seperti Zoom. Menariknya lagi kalau Messenger Rooms ini sudah ada pilihan background 360 derajat sehingga ada efek 3D.

JANGAN LEWATKAN •
Walau Tidak Punya Akun FB, Kita Bisa Mengakses Fitur Live Streaming-nya

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge, semua panggilan Rooms tidak terenkripsi secara end-to-end seperti di WhatsApp. Tetapi Facebook telah mengklaim, mereka tidak melihat dan mendengarkan percakapan yang dilakukan pengguna.

Nantinya Rooms juga bakal tersedia di perangkat lain seperti Instagram Direct, WhatsApp dann Portal. Mark Zuckerberg juga mengatakan Facebook bakal menyediakan fitur-fitur baru di video perpesanan.

Bagikan jika kamu suka