Inilah Beberapa Fitur Terbaru Instagram Mulai dari Dark Mode Instagram Hingga Following Dihapus

in ,
Cara Dark Mode Instagram

Tahun ini Instagram baru saja merilis fitur-fitur terbaru dan paling ditunggu-tunggu pengguna setelah sekian lama terdengar bocorannya. Fitur yang bikin tidak sabar pengguna adalah dark mode Instagram. Apakah kamu sudah mengaktifkan dark mode Instagram di ponsel kesayangan? jika belum, kamu bisa membaca cara mengaktifkan dark mode Instagram Ini.

Instagram sekarang sudah tersedia fitur-fitur menarik seperti mode gelap, Augmented Reality untuk pelaku bisnis dan terakhir adalah bukan tambahan fitur. Namun malah fitur lama yang dihapus yaitu Following.

Tidak hanya fitur yang banyak menghibur, Instagram juga ikut hadirkan fitur melawan aksi bullying online dari komentar rasis, kasar hingga pelecehan. Nah apa-apa saja fitur yang menarik dan terbaru di Instagram? yuk simak ulasan berikut ini.

Fitur Baru yang Tersedia di Instagram

1. Dark Mode Instagram

Cara Aktifkan Dark Mode Instagram

Fitur dark mode di Instagram ini hiasi latar belakang dengan warna hitam dan teks warna putih. Sebenarnya fitur ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Instagram setelah ada rumor bakal hadirnya fitur satu ini. Dengan fitur dark mode Instagram ini, keunggulannya adalah selain menghemat baterai, namun juga dapat membuat mata lebih nyaman saat melakukan aktivitas di Instagram.

Fitur dark mode dapat diaktifkan untuk perangkat iOS dan Android. Namun khusus bagi pengguna Android fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Namun kamu masih bisa mencoba cara dark mode Instagram ini. Berikut ini cara-caranya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram iPhone (iOS 13)

  • Pastikan iPhone kamu sudah menggunakan iOS 13
  • Lalu download Instagram versi terbaru
  • Buka aplikasi, masuk ke menu settings – display – pilih dark mode
  • Lalu jika sudah instalasi Instagram selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone dan kamu bisa lihat tampilan aplikasi Instagram sudah menjadi gelap (dark mode instagram)
JANGAN LEWATKAN •
Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Tanpa Ketahuan di PC

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android

  • Pastikan ponsel Android kamu sudah menjalankan mode gelap atau atau sudah OS Android 10.
  • Lalu masuk ke menu settings – Display – Opsi Night Mode lalu aktifkan
  • Karena ini masih dalam versi beta, klik halaman di Instagram di Google Play Store lalu scroll ke bawah hingga menemukan opsi Join the Beta.
  • Klik pada Join dan tunggu beberapa saat. Perlu kamu ingat jika untuk memanfaatkan fitur yang masih dalam versi beta ini masih terbatas.
  • Jika sudah berhasil gabung dengan uji coba beta, langkah selanjutnya adalah dengan download aplikasi Instagram versi Beta. Setelah instalasi selesai, aplikasi Instagram sudah berubah menjadi tampilan gelap (dark mode).

2. Fitur Following Tidak Tersedia Lagi

Fitur Following Instagram

Ada fitur lama Instagram yaitu Following yang sempat dihadirkan di tahun 2011 dan kini sudah tidak tersedia lagi, alias dihapus. Dengan adanya fitur ini pengguna tentu bisa melihat segala aktivitas apa yang dilakukan akun Instagram orang lain. Namun ternyata fitur itu tidak sering digunakan oleh pengguna.

JANGAN LEWATKAN •
Punya 144 Juta Follower di Instagram, Inilah Tarif Endorse Christiano Ronaldo!

Bahkan ada sebagian dari pengguna yang tidak tahu jika fitur itu memiliki fungsi tersendiri. Sehingga fitur ini banyak dikritik oleh pengguna.

Cara Buat Dark Mode Instagram

3. Augmented Reality

Cara Mengaktifkan Dark Mode Android

Walaupun masih dalam tahap uji coba, tetapi fitur ini akan segera dirilis dalam waktu cepat, karena banyak pengguna yang menyukainya. Hadirnya fitur AR ini pada Instagram, memungkinkan pengguna bisa mencoba menjual barang secara virtual.

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini banyak pengguna smartphone yang suka belanja online apalagi jika di Indonesia bisnis jual beli itu tinggi. Hanya dengan bermodalkan kamera depan pada ponsel, pengguna dapat menggunakan efek-efek dari kamera seperti stiker, fitur AR ini bekerja.

Fitur Jual Beli Instagram

Contohnya jika ada yang ingin beli lipstik, maka berkat fitur AR ini nantinya pengguna dapat memperkirakan lipstik warna apa yang cocok untuk dipakai. Lalu bisa bisa juga yang ingin membeli kacamata dapat menyesuaikan lewat fitur ini.

Fitur Augmented Reality Instagram

4. Mengatasi Bullying di Instagram

Fitur Instagram Paling Ditunggu

Instagram kini akan menyediakan fitur anti bullying di Instagram, berguna bagi pengguna yang sering mengalami kasus bullying.

JANGAN LEWATKAN •
SoundCloud Kini Bisa Bagikan Lagu ke Instagram Stories

Dengan adanya fitur ini Instagram nanti akan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI untuk memberikan peringatan kepada pengguna jika ada komentar yang menghina. Sehingga pengguna nanti akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki komentar sebelum diposting.

Lalu ada juga fitur yang bakal hadir di Instagram yaitu Restrict. Dengan fitur ini pengguna Instagram bisa membatasi pengikut yang merasa mengganggu. Tanpa perlu harus memblokirnya secara langsung.

Jadi jika pengguna sudah mengklaim seseorang tersebut sebagai pengganggu, maka komentar mereka tidak akan terlihat di feed. Lalu tidak terlihat juga aktivitas pengguna itu saat ada pesan DM yang terkirim dan masuk.


Itulah beberapa fitur yang banyak ditunggu-tunggu oleh pengguna Instagram dan bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Menurut kamu apakah fitur-fitur baru dari Instagram itu bakal bermanfaat? yuk berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Menyadap Instagram Pacar yang Ampuh

Bagikan jika kamu suka