Apple dikabarkan tengah mengembangkan teknologi anti maling yang dapat merekam sidik jari sekaligus mengambil gambar pencuri smartphone. Dengan teknologi itu pula, pencuri iPhone bakal kewalahan sebagaimana yang dirinci dalam sebuah paten baru saja dipublikasikan.

Dalam konsep tersebut, menejelaskan proses perekaman identitas dimulai saat pencuri iPhone memicu sistem keamanan bekerja. Pemicu disini dalam arti akses tanpa izin melalui sebuah alat tertentu atau mengakses dipaksakan dengan cara mengoprek fitur keamanan.

Nantinya sistem kemanan secara otomatis bekerja untuk merekam sidik jari siapapun yang memengang iPone atau iPad hasil curian tersebut. Disamping merekam sidik jari, iPhone akan merekam gambar wajah pencuri.

Pencuri iPhone akan Tertangkap Kamera

sidik jari

Seperti yang dilaporkan dari The Verge, dalam paten itu pula disebutkan teknologi yang digunakan pada sistem kemanan itu dapat merekam satu atau dua sidik jari, foto, video, serta suara disekeliling pencuri.

JANGAN LEWATKAN
Pengguna iPhone Kena Tagihan Rp 28 Juta Karena Aplikasi Ini

Hasil data yang didapat seperti sidik jari, selanjutnya akan disimpan lalu dapat dibuka untuk dilakukan identifikasi. Namun pengembangan teknologi ini masih ada kendala teknis. Kendala tersebut adalah pada bagian Touch ID yang masih kurang sensitif dimana masih membutuhkan beberapa kali sentuhan agar dapat membaca sidik jari pengguna.

Vendor Apple dikabarkan akan menerapkan fitur canggih (anti-maling) pada iPhone dan iPad generasi mendatang. Karena saat ini masih ada terjadi kendala dalam hal sentivitas Touch ID yang sedang diperbaiki. Sekarang pencuri iPhone sudah tidak bisa banyak gerak dalam melakukan aksinya khusus untuk smartphone iPhone.

 

Sumber: The Verge

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...