Inilah 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Fitur Gmail Terbaru

in ,
Fitur Terbaru Gmail

Beberapa bulan terakhir ini, Google sebenarnya sudah menawarkan beberapa fitur baru di Gmail. Banyak dari pengguna Gmail bisa menggunakan fitur baru Gmail tersebut untuk beberapa kebutuhan. Bahkan belum banyak yang tahu fitur baru di Gmail ini. Apakah kamu sudah tahu apa saja fitur baru di Gmail ini? jika belum tahu, yuk langsung saja simak berikut ulasannya.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Gadget Now dan Suara.com, berikut lima hal yang bisa kamu lakukan di Gmail selain mengirim pesan.

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Fitur Gmail Terbaru

1. Membuat Jadwal Pengiriman Email

Jadwal Email

Sekarang pengguna sudah bisa membuat jadwal pengiriman email sesuai dengan waktu yang diinginkan. Kemampuan baru yang ada di Gmail untuk menjadwalkan pesan ini sebelumnya hanya ada untuk Android. Namun kini Google juga sudah memberikan layanan tersebut bagi pengguna desktop.

JANGAN LEWATKAN •
Kamu Tahu Gak Kepanjangan Google? Nih 20 Kepanjangan Istilah IT yang Harus Diketahui

Apabila pengguna sudah menulis isi email dan memasukkan alamat email penerima, cukup klik pada ikon segitiga yang berwarna biru disamping tombol kirim. Pilih salah satu dari waktu yang disarankan atau kamu juga bisa memilih ‘tanggal & waktu’ sesuai tanggal pengiriman klik ‘Jadwalkan Pengiriman’.

Cara ini berlaku untuk aplikasi seluler Gmail atau browser web dekstop. Namun di dalam aplikasi tersedia ikon segitiga terbalik, pengguna harus mengklik pada ikon tiga titik di bagian kanan atas dan akan muncul pilihan penjadwalan waktu.


2. Mengirim Email Dalam Batasan Waktu

Email Di Gmail Terbatas

Pengguna dengan fitur baru di Gmail dapat mengirim pesan email yang berisi dokumen penting dalam batas dan waktu yang sudah diinginkan. Email tersebut akan memiliki batas waktu dan tidak akan lagi terlihat oleh penerima setelah waktu habis.

Walaupun demikian, setelah penerima membuka email maka timer akan menyala. Jika batas waktu tersebut sudah habis, maka emaiil tidak dapat lagi diakses oleh penerima. Fitur ini bisa kamu temukan di ikon kunci di bagian bawah pada saat ingin menulis email.


3. Bisa Mute atau Bisukan Percakapan Email yang Tidak Diinginkan

Mute Gmail

Kadangkala ada pengguna lain yang ingin melakukan balasan email dan dikirim ke beberapa pengguna lainnya secara sekaligus, tanpa menghapus akun lain. Hal tersebut tentu sangat mengganggu. Namun kini pengguna dapat membisukan atau mute percakapan email dengan memilih rantai email.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Dapat Duit Lewat Google Maps

Caranya ketuk pada ikon tiga garis di bagian bilah atas untuk mengaktifkan fitur mute dan membisukan rantai percakapan email tersebut.


4. Cek Email Secara Terpisah

Baca Email Gmail Terpisah

Hal yang bisa kamu lakukan di fitur baru Gmail selain mengirim pesan adalah mengecek beberapa email secara terpisah. Sehingga kamu bisa melihat isi email percakapan dalam bentuk tunggal.

Nah pengguna dapat menonaktifkan utas email lalu melihat email secara terpisah. Untuk menggunakan fitur ini caranya masuk ke menu Settings – General – Conversation View.


5. Menggunakan Email Secara Offline

Gmail Secara Offline

Hal lain yang bisa dilakukan di fitur Gmail terbaru adalah menggunakan email dalam keadaan offline. Pengguna dapat mengakses Gmail, menulis email, dan menyimpan tanpa harus membutuhkan koneksi internet. Fitur tersebut dapat kamu temukan di Settings – pilih Offline tab.


Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan di Gmail berkat fitur-fitur baru yang sudah dirilis oleh Google. Apakah kamu salah seorang yang kerap menggunakan email dalam aktivitas sehari-hari? yuk berikan pendapatmu tentang fitur baru Gmail di atas melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan jika kamu suka