Begini Penampakan Kebakaran Hutan Amazon Dilihat Dari Satelit NASA

in ,
Penampakan Kebakaran Hutan Di Amazon Lewat Satelit Nasa

Hutan Amazon di Brazil saat ini tengah dilanda kebakaran yang cukup besar. Bahkan, diklaim menjadi rekor terbaru kebakaran hutan Amazon tahun ini. Kebakaran hutan tersebut dapat dilihat dari luar angkasa.

Seperti yang terlihat dari data satelit Institut Nasional untuk Riset Antariksa (Inpe) Brasil, insiden kebakaran hutan ini di wilayah tersebut meningkat 83% jika dibanding pada priode yang sama tahun 2018.

NASA juga telah menangkap beberapa gambar yang diambil langsung dari satelit mengenai kebakaran hutan Amazon di Amazonas yang merupakan negara bagian besar Brasil. NASA juga menemukan beberapa titik api di Rondonia, Amazonas, Para dan Mato Grosso.

Hasil foto kebakaran hutan dari NASA itu juga terlihat beberapa tumpukan asap putih penyebab dari kebakaran hutan tersebut. Wilayah Amazonas itu sendiri dinyatakan berada pada kondisi darurat terkait kebakaran hutan.

JANGAN LEWATKAN •
Jangan Sampai Lewat, Pre-Order Cyberpunk 2077 Untuk PC Lagi Diskon!

Foto Kebakaran Hutan Amazon di Brasil

Kebakaran Hutan Amazon Brasil
Foto Kebakaran Hutan Amazon

Amazon sebenarnya hutan yang identik dengan kondisi yang lembab dan basah. Namun, Amazon juga mengalami musim kering di bulan Juli dan Agustus sehingga kemungkinan terjadi kebakaran hutan. Selain itu, Cnet juga menyebutkan upaya dari penggundulan lahan untuk membuka area perkebunan dan peternakan menjadi penyebab utama dari kebakaran hutan pada priode kering tersebut.

Jika merujuk ke EuroNews, FoxNews menyatakan ada 1.699 kebakaran hutan yang terdeteksi lewat satelit Amazonas, dimana 80 persen terjadi di bulan Juli. Sedangkan di Mato Grosso ada 8.799 kebakaran hutan hingga 2 Agustus meningkat 39 persen dibandingkan dengan priode yang sama ditahun sebelumnya.