Google Bakal Hentikan Dukungan untuk Chrome Apps Mulai Juni 2020

in ,
Penyebab Dihentikan Chrome Apps
Penyebab Dihentikan Chrome Apps | akket.com

Sebelumnya pada 2016 Google sudah mengungkapkan jika pihaknya tidak lagi memberikan dukungan untuk aplikasi Chrome (Chrome Apps) secara perlahan. Namun kali ini Google sudah menentukan tanggal akhir dari dukungan bagi aplikasi-aplikasi yang ada di Chrome Apps.

Google mulai menghentikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi yang terdapat di Chrome mulai Juni 2020 mendatang. Proses penghentian dukungan ini dilakukan secara bertahap mulai dari Maret 2020.

Alasan Google Hentikan Dukungan Aplikasi Chrome

Penyebab Google menghentikan aplikasi-aplikasi Chrome adalah karena sangat sedikit penggunanya. Menurut catatan Google hanya satu persen dari pengguna Chrome yang menggunakan layanan-layanan tersebut.

Aplikasi Chrome itu sendiri adalah aplikasi berbasis web yang dapat ditemukan di browser Google Chrome.

Aplikasi Chrome itu pula dapat diunduh serta dipasang melalui Chrome Web Store. Sudah ada beragam aplikasi yang didapatkan di dalamnya untuk membantu aktivitas pengguna sehari-hari.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge, bagi yang sudah memasang aplikasi Chrome, maka akan terlihat tombol pintasan untuk menuju ke web resmi aplikasi tersebut.

Berikut di bawah ini adalah jadwal rincian soal aplikasi Chrome bakal dihentikan secara bertahap.

Google Apps
Ilustrasi Google Apps | Ausdroid

Jadwal Bertahap Dihentikan Dukungan untuk Aplikasi di Chrome

Maret 2020

Chrome Web Store tidak akan lagi hadir aplikasi Chrome baru. Pihak pengembang tetap menyediakan pembaruan untuk aplikasi Chrome apps dimana yang sebelumnya telah terpasang hingga Juni 2020.

Juni 2020

Semua dukungan dihentikan untuk aplikasi Chrome di Windows, Mac dan Linux.

Juni 2021

Makan semua berakhir dukungan NaCI, PNaCI daan PPAPI APIs di Chrome Apps.

Juni 2021

Segala dukungan untuk Chrome Apps di Chrome OS dihentikan. Pelanggan yang sudah memiliki akses Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade akan mendapat masa perpanjangan sampai Desember 2022.

Juni 2022

Sudah tidak ada dukungan sama sekali bagi pengguna Chrome Apps di Crhome OS.

Tinggalkan Balasan