Google Mulai Menguji Tampilan Baru YouTube di Perangkat Android, Apa yang Baru?

in ,
Tampilan Baru Youtube

Demi memberikan pengalaman yang lebih baik, Google sudah banyak memberikan pembaruan untuk berbagai aplikasi miliknya. Kini aplikasi yang mendapat pembaruan terkini yaitu YouTube.

Pada pembaruan terbaru ini, Google melakukan pengujian UI atau tampilan dari YouTube terbaru di bagian komentarnya di perangkat Android. Pada pengujian itu terlihat posisi kolom komentar akan berada di bawah deskripsi video.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan penggunanya saat ingin nonton video di YouTube dan mudah dalam membaca postingan komentar video. Sekalipun mereka sedang menonton video.

Tampilan YouTube Terbaru di Perangkat Android

Tampilan YouTube Terbaru
Source: Istimewa

Jika sebelumnya pengguna yang ingin melihat di bagian kolom komentar harus dulu melakukan scroll ke bawah dan melewati video ‘up next’ atau selanjutnya.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Phone Arena, ke depan tampilan ini akan tampak tiga komentar unggulan tepat di bawah deskripsi video.

YouTube Terbaru Lebih Mudah Dalam Berdiskusi

Disaat salah satu komentar di YouTube di klik, maka akan muncul beberapa kumpulan komentar secara lengkap dengan prompt. Sehingga pengguna juga bisa ikut gabung untuk berdiskusi dalam komentar tersebut.

Selanjutnya jika pengguna melakukan scroll di bagian Up Next adalah dimana posisi komentar saat ini, akan ada tampilan berupa catatan. Mengingatkan pengguna yang sudah ikut berpartisipasi di bagian bawah komentar telah dipindah ke atas.

Kami desain tampilan YouTube baru ini untuk lebih mudah orang yang nonton video supaya dapat menemukan komentar di aplikasi YouTube tanpa harus telusuri video Up Next. Nah jadi sekarang masih pengujian di bagian komentar yang langsung akan terlihat di bawah video.

Bagian baru tersebut akan memperlihatkan hingga tiga komentar. Dimana opsi untuk melihat semua komentar kamu bisa terus menonton video seperti biasanya cetus Google.

Tiga komentar yang terlihat itu berdasarkan pada seberapa baru dari komentar tersebut. Selain itu komentar tersebut juga bisa berada di atas jika yang pemilik video memberikan tanda pin di komentar bersangkutan.

Komentar Mengandung Link Tidak Pernah Terlihat Sebagai Komentar Unggulan

Ada peraturan baru untuk bagian komentar. Untuk komentar yang disematkan link dan terdiri dari 10 karakter atau berupa promosi maka tidak akan muncul sebagai komentar unggulan.

Disaat pengguna mengklik pada salah satu dari tiga komentar unggulan untuk membuka semua komentar. Maka akan terlihat komentar yang di pin saat bagian tersebut sudah diperluas.

Google menyebutkan komentar UI baru ini masih dalam tahap pengujian dan bisa digunakan untuk sebagian pengguna. Pengguna Reddit yang juga ikut dapat kebagian dari pengujian ini juga membagikan tampilan YouTube terbaru untuk bagian komentar tersebut.

Ayo mulai berdiksusi