Awalnya Gratis, Kini Google Membatasi Penyimpanan Cloud di Gmail, Google Pixel, dan Chromebook

in ,
Google One

Penyimpanan Cloud adalah salah satu lini andalan Google, mereka menawarkan penyimpanan berbasis cloud dengan kapasitas besar dengan gratis. Milyaran pengguna Google merasa sangat terbantu dan sudah menggunakan layanan ini dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya masa-masa tersebut akan segera berakhir, karena Google memutuskan untuk mengubah aturan main.

Program tersebut bernama Google One, dan kamu harus membayar biaya langganan kalau mau terus menikmati penyimpanan gratis tersebut perbulannya.

JANGAN LEWATKAN
Google Maps Mode Menyamar Dirilis, Begini Keunggulan dan Cara Pakainya!

Pembatasan tersebut berlaku di layanan G-Mail, laptop Chromebook dan Google Pixel.

Google Pixel 4

Pembatasan ini berlaku untuk pengguna Gmail, Chromebook, dan Google Pixel yang sebelum nya mendapatkan akses penyimpanan besar dari Google. Biasanya akses tersebut kamu dapatkan sebagai bundle yang diberikan google untuk pembeli Chromebook dan Google Pixel.

Bahkan ada juga laporan yang menyebutkan bahwa sebelumnya pembeli Chromebook mendapatkan akses gratis penyimpanan ekstra di cloud selama 2 tahun, tapi dipangkas menjadi setahun.

Sebenarnya jika kamu adalah pelanggan lama yang belum melewati penggunan gratis yaitu 15 GB, kamu tidak akan merasakan dampak yang signifikan. Namun yang jelas sekarang Gmail, Google Drive, dan berbagai layanan gratis dari Google itu berbayar.

Berapa Biaya Langganan Google One?

Harga Google One

Biaya langganan di Google One sih beragam. Namun untuk yang termurah kamu bisa berlangganan paket 100 GB seharga 26 Ribu Rupiah per bulannya. Dengan paket tersebut kamu juga bisa mendapatkan opsi Akses Pakar Google, Opsi menambahkan Keluarga, dan beberapa manfaat tambahan lainnya.

Sebenarnya bukan cuma google yang menyediakan layanan penyimpanan cloud berbasis langganan. Apple sudah lebih dahulu menyediakan Penyimpanan Cloud berbayar sebesar $0.99 perbulannya. Namun langkah google untuk tiba-tiba mengubah layanan gratis menjadi berbayar ini tentu membuat banyak orang terkejut.

Dafunda Tekno sendiri meyakini bahwa hal ini memang termasuk strategi bisnis Google untuk menyediakan sebuah layanan sebagai cara untuk menggaet pelanggan serta melihat peluang pasar. Toh Google sendiri juga cari untung kan? jadi kita harus bersabar dengan penyimpanan gratis yang ada.

Tinggalkan Balasan