Inilah 4 Hal Penting yang Perlu Diurus Sebelum Membuat Startup

in ,
Hal Penting Membuat Startup

Membuat startup bukanlah hal yang mudah seperti yang ada dibayangan kamu. Membuat startup itu perlu adanya pertimbangan dan juga pemikiran dari awal. Sudah tahu belum apa itu perusahaan startup? Startup adalah berasal dari bahasa Inggris yaitu start-up. Jika dilihat dari pengertian adalah semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau perusahaan rintisan.

Jadi dapat kita artikan, bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun bisnis startup ini lebih identik ke dalam bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Nah seperti yang dijelaskan oleh Rieke Caroline, selaku founder dan KontrakHukum, ada beberapa hal penting sebelum membuat startup yang perlu diperhatikan. Apa-apa saja hal penting sebelum membuat startup tersebut? yuk simak berikut ulasannya.

Hal Penting Sebelum Memulai Membuat Startup

1. Membuat Perjanjian

Meskipun sedekat apapun kamu dengan seorang co-founder, kamu harus buat founders agreement. Ingat ketika ingin membuat startup co-founder memiliki kepribadian yang berbeda, jelas Rieke.

Ia juga menyebutkan jika banyak startup yang gagal dan jatuh karena terjadi konflik antara founders.


2. Jangan Lupa HAKI

Jangan karena rasa antusias ingin buat startup hingga lupa untuk mendaftarkan merk dagang kamu. Awas nanti duluan orang lain loh.

“yang paling penting itu adalah intelektual properti, karena saya banyak banget dengar jika startup founder yang nangis karena di bangun brand itu milik orang lain”ungkapnya.


3. Menentukan Menggunakan PT atau CV

“Buat company itu mudah, namun saya tegaskan kepada semua untuk hati-hati, karena harta pribadi juga bisa kesangkut ke usaha” kata Rieke.

Ia juga mengingat jika dalam menentukan PT atau CV menurut kamu yang paling tepat.

JANGAN LEWATKAN •
5 Langkah Riset Pasar Bagi Founder Startup, Riset Dulu Sebelum Bikin Produk!

5. Terms and Conditions

Banyak sekali startup yang meremehkan terms and conditions di startup mereka. Padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk mengikat perusahaan dengan para pengguna aplikasi atau website mereka.

Kebiasaan yang baru ingin membuat startup itu mode copy paste atau browsing dan ambil dari term and conditions luar. Jadi seperti tidak serius, sehingga hasil yang didapat juga tidak ada.

Itulah empat hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat startup. Jika masih kurang pengetahuan di startup, terus gali ilmunya dulu sebelum memulainya. Sehingga hasil yang didapat juga akan memuaskan.