India Berhasil Berangkat Pewasat Luar Angkasa ke Bulan

in ,
Roket India Ke Bulan

Setelah gagal di misi pertama, India akhirnya berhasil mengirim wahana luar angkasa ke Bulan. Misi yang diberi nama ‘Chandrayaan-2’ ini telah meluncur dari stasiun angkasa Shirakota pada Senin waktu setempat.

Atas keberhasilan tersebut, India menjadi negara ke-4 di dunia yang mampu meluncurkan rover ke Bulan setelah Amerika Serikat, China dan Uni Soviet. Rover yang memiliki biaya pembuatan hingga USD 145 juta ini diharapkan bisa mendarat di Kutub Selatan Bulan.

Alat bantu untuk menerbangkan Chandrayaan-2 ini menggunakan roket GSLB MK-III. Roket tersebut diklaim sebagai roket terkuat milik India. Terdapat tiga elemen yang ada di bawahnya, diantaranya lunar orbiter, wahana pengorbit di Bulan, lander yang dipakai untuk pendaratan dan sebagai kendaraan rover nantinya. Semua itu dikembangkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO).

Misi India

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari CNN, misi tersebut dijadwalkan untuk meluncur pada 15 Juli. Namun ada sedikit penundaan sebelum menuju ke angkasa karena terjadi masalah teknis. Pesawat roket ini membutuhkan masa terbang selama 2 bulan sebelum berada di orbit melingkar 100 kilometer dari permukaan bulan. Nah nanti lander yang disebut sebagai Vikram akan memisahkan diri untuk mendarat.

Di samping itu, rover robotika yang bernama Pragyan juga akan menghabiskan waktu hingga 14 hari untuk mengumpulkan sampel mineral dan kimia untuk dianalisis ilmiah. Sedangkan wahana di orbit tugasnya untuk memetakan permukaan Bulan serta mengkaji tentang atmosfernya.

Ayo mulai berdiksusi