Indonesia Bakal Beli 48 Jet Tempur Dessault Rafale Untuk Perkuatkan Pertahanan

in ,
Jet Tempur Dessault
Jet Tempur Dessault Refale | headtopics.com

Kabarnya Indonesia bakal membeli 48 pesawat jet tempur Rafale dari Prancis. Kabar tersebut langsung diberitakan oleh situs asal Prancis, La Tribune pada 17 Januari lalu.

Keinginan pemerintah Indonesia untuk membeli jet tempur Rafale diungkapkan oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan ke Perancis. Begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com.

Sementara berita dari sumber internal La Tribune, rencana ini bakal terwujud dalam kesepakatan antara pemerintah Perancis dan Indonesia. Diharapkan dapat terwujud dalam waktu dekat.

Indonesia Bakal Beli Pesawat Jet Tempur Milik Perancis

Pesawat Jet Tempur Dessault Refale
Pesawat Jet Tempur Dessault Refale | Kompas.com

Rafale adalah jet tempur multirole buatan Dessault Aviaton. Pesawat ini menggunakan mesin ganda (twin-engine) dan memiliki ciri khas sayap delta dan canard (sayap kecil) di bagian depan kokpit.

Pesawat ini sendiri sudah memiliki jam terbang yang tinggi di medan perang seperti di Afghanistan, Libya, Mali, Irak dan Suriah.

Nama Rafale itu sendiri sudah digadang-gadang bakal dibawa pulang ke Tanah Air, di samping bakal dipensiunkan armada pesawat F-5E/F II Tiger punya TNI-AU pada 2015 lalu.

Selain Rafale, ada calon pengganti dari F-5E/F II TNI AU di antaranya adalah F-16 Block 60 dari Amerika Serikat, Su-35 dari Rusia Eurofighter Typhoon dari Konsorsium Eropa dan Saab Gripen dari Swedia.

Jet Tempur Milik Perancis Ini Pernah Beberapa Kali Singgah di Indonesia

Jet tempur Dessault Rafale ini katanya sudah beberapa kali singgah di Indonesia di pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 2015 lalu. Pada saat itu pula para angkatan udara Perancis menilai kebolehan tempurnya di langit Halim.

Lalu pada 2018 lalu, Rafale AU Perancis kembali ke Halim Perdanakusuma bersama dengan pesawat angkut Airbus A400M di mana katanya juga bakal menjadi incaran pemerintah RI.

Pada 2019, ada tujuh Rafale Angkatan Laut Perancis melakukan pendaratan darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar disebabkan cuaca buruk.

Tidak hanya pesawat jet tempur Rafale saja, La Tribune juga mengabarkan pemerintah Indonesia juga berminat untuk membeli kapal selam Scorpene.