Android N adalah Sistem operasi Terbaru dari Google yang masih berstatus Rumor beberapa waktu yang lalu, Siapa sangka dibalik Rumornya Google memberikan Kejutan berupa Jadwal rilis Android N yang di percepat untuk versi Developer Preview.

Biasanya, setelah rumor Google baru akan merilis Android terbaru ini pada gelaran Konferensi Developer I/O yang biasa di gelar pada bulan mei setiap tahunnya.

Beda dengan kali ini, kamu yang ingin mencoba terlebih dahulu bisa mengunduh Firmwarenya melalui Pembaharuan Over-the-Air (OTA).

Apa Alasan Google menpercepat Perilisan ini? Menurut Hiroshi Lockheimer (Vice President Google Android, Chrome OS, dan Chrome Cast) berkata kalau rilis “mendadak” ini dilakukan untuk memperoleh Feedback lebih cepat dari pengguna agar nantinya tim pengembang bisa mendapatkan masukan dan menyelesaikan masalah lebih cepat.

JANGAN LEWATKAN
Inilah 6 Aplikasi Video player untuk Memaksimalkan VR Di Android

Lockheimer berharap dengan di berlakukan cara seperti ini, Nantinya Android N bisa dirilis tepat waktu tanpa mengalami delay nantinya. Karena Android N Final akan dirilis pada Kuartal 3 Tahun 2016 ini.

“Saat kita melihat ke rilis berikutnya dari Android, N, Anda akan melihat perubahan yang ditujukan bagi Anda sebagai developer: lebih awal dari sebelumnya, lebih mudah untuk dicoba, dan kami memperluas cara untuk memberikan masukan bagi kami,” ujar Lockheimer, sebagaimana Dafunda #Tekno Kutip dari Techcrunch.

Fitur Android N Terbaru

  • Fitur Split Screen, Kemampuan untuk membelah Tampilan layar untuk keperluan Multi Tasking. Mirip seperti yang di terapkan dalam Windows 8 pada desktop saat pertama di perkenalkan.
  • Direct Reply, Kemampuan untuk membalas langsung pesan yang masuk melalui Kolom Notifikasi. Fitur seperti ini sudah di terapkan dalam Windows 10 Mobile yang sedan dalam fase pengembangan oleh Microsoft.
  • Dukungan Java, Android N sudah memberikan upgrade dalam bahasa JAVA dalam sistem mereka menjadi JAVA 8.
  • Power Saver, di sistem terbaru ini di percaya lebih hemat baterai dari versi sebelumnya.
JANGAN LEWATKAN
Berbahagialah Jomblo Sejati, Sekarang Kamu Bisa dibangunkan Oleh Megumi Kato Lewat Aplikasi ini

Daftar Smartphone yang dapat Android N Developer Preview

Perangkat / Smartphone yang mendapatkan Android N versi Developer Preview untuk pertama kali adalah Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan seri Smartphone Android One lainnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba, Bisa mengunjungi Tautan berikut ini. Tapi saya ingatkan, Status yang di berikan untuk OS Android terbaru ini adalah Developer Preview, jadi jangan harap kalau tidak ada bug yang ada di dalamnya. Dengan kata lain, Android N Developer Preview tidak cocok di gunakan oleh pengguna sehari – hari. Melainkan untuk kamu yang ingin mencoba dan memberikan Feedback kepada tim pengembang dari Google.

JANGAN LEWATKAN
Jadikan Tulisan Tangan Sendiri Menjadi Font di HP Android Kamu

Gambar: AndroidPolice

SOURCETechCrunch
BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.