Kiddle adalah mesin pencari yang di desain khusus agar cocok di gunakan oleh anak – anak dan mengusung desain yang sesuai. Namun, Walaupun begitu tetap saja ada beberapa kata kunci yang justru lolos dan filter editor dan Google Safe Search yang mereka gunakan. Artikel ini saya buat untuk memberikan perbadingan mengenai penggunaan Kiddle.co ini.

Alasan Mesin Pencari Kiddle Masih bisa di gunakan

Mesin Pencari Kiddle (1)

  1. Sudah menfilter Banyak Kata Kunci yang tidak cocok untuk anak
    Saya ingin sedikit terbuka, Kata Kunci “Bok*p” atau “H*ntai” tentunya saat ini sedang booming di antara masyarakat. Dan Tentu saja anda tidak ingin anak yang pada umumnya memiliki rasa ingin tahu tinggi mulai mencari kata – kata itu lalu mendapatkan kenyataan yang belum bisa mereka terima di usianya.
  2. Di lengkapi Dengan Lapor Pencarian yang tidak pantas
    ya, editor dari Kiddle sendiri tahu kalau mereka saja tidak cukup untuk menfilter banyak kata dari beragam bahasa. Maka dari itu, kamu juga bisa ikut berpartisipasi memberikan masukan dengan memasukkan kata mana saja yang menurut kamu tidak pantas berada Kiddle. Fitur ini membantu kamu sang ortu untuk mengamankan Rasa ingin tahu si anak.
  3. Desain yang cocok buat anak – anak
    Kiddle mengusung tampilan yang sangat segar dan cocok buat anak – anak. Desain yang mereka kerjakan sungguh sudah sangat bagus dan tentunya membuat anak – anak berfikir kalau Situs pencariannya itu dibuat khusus untuk dunianya.
JANGAN LEWATKAN
Ini Dia Google Glass Versi Baru Dengan Janji Lebih Aman dari Pelanggaran Privasi

Kekurangan Kiddle yang Menuai Kontraversi

Hasil Pencarian Kiddle

Tentu saja, sebagai situs baru Kiddle masih punya banyak sekali hal yang harus di perbaiki. Misalnya saja kenyataan bahwa masih saja ada kata yang tidak di filter oleh mereka dan masih ada saja hasil pencarian yang lolos dari sistemnya. Inilah beberapa kekurangan Kiddle yang mesti kamu ketahui:

  1. Masih Banyak kata “Tak Pantas” belum di Filter / Saring
    Masih banyak kata yang tidak pantas atau tidak senonoh muncul di hasil pencarian. Kita tidak bisa menyalahkah sang editor yang jumlahnya berbanding terbalik dengan pekerjaan filter yang mesti mereka kerjakan. Bayangkan saja, ada ratusan bahkan ribuan bahasa yang punya maksud sama tapi katanya berbeda bukan? selain itu, masalah baru seperti LGBT belum di masukkan kedalam filter mereka, coba saja kamu cari menggunakan kata kunci “LGBT” kesitus itu.
  2. Masih ada saja hasil pencarian tak baik masuk ke Kiddle
    menggunakan Google Safe Search ternyata juga tidak bisa menghilangkan hasil pencarian yang tidak boleh di dapat. Memang Editor mesin pencari itu sudah membuat daftar khusus untuk tiga pencarian teratas dari setiap kata kunci populer, Namun 3 saja tidak cukup untuk mengatasi banyaknya konten yang belum bisa di cerna oleh anak – anak.
  3. Menggunakan Google Namun Bukan bagian dari Google
    ya, kenyataannya situs ini bukanlah bagian dari Google, mungkin bagi kamu yang belum tahu Poin ketiga ini membuat kebingungan sendiri bukan. Kok bukan dari Google? padahal dirinya sendiri menampilkan hasil pencarian dari Google Safe Search. disinilah letak kekurangannya, kiddle tidak punya kontrol penuh di Safe Search milik Google sehingga mereka hanya bisa mengubah sedikit Query pencarian agar lebih aman untuk anak – anak.
JANGAN LEWATKAN
Cara Keren Mengubah Laman Google Layaknya Star Wars

Apa yang harus kamu pilih, gunakan Kiddle atau tidak?

Saya sudah memaparkan beberapa alasan apakah Kiddle cocok di gunakan dan alasan mengapa Kiddle menuai kontraversi. Sekarang timbul satu pertanyaan, Apakah Kiddle cocok di gunakan oleh anak – anak? jawabannya adalah tergantung dari penilaian kamu. Situs ini memang belum bisa kita katakan sepenuhnya aman, setidaknya sudah ada layanan yang memberikan jasanya untuk menghasilkan pencarian yang lebih aman dari pada yang sudah ada. Jadi saya rasa kamu sudah tahu jawaban dari pertanyaan kamu sekarang.

Walaupun tergolong baru dan banyak kekurangan, Editor Kiddle tidaklah tinggal diam. Mereka terus bekerja keras agar kelak Situs mereka bisa cocok betul untuk anak – anak dan orang tua bisa tenang saat memberikan anaknya fasilitas Online. Untuk mengakses Kiddle.co kamu bisa memulainya dengan mengakses tautan berikut ini.

JANGAN LEWATKAN
Video Youtube (non-musik) Paling Populer Di Indonesia Tahun 2015
BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.