Beginilah Keunggulan PlayStation 5 yang Baru dari Kontroler Sebelumnya

in ,
Keunggulan Playstation 5

Disamping memberikan konfirmasi peluncuran PlayStation 5 (PS5) di musim liburan 2020 ke depan, Sony juga ikut membeberkan beberapa teknologi baru dari kontroler terbarunya ini. Apa saja keunggulan dari Playstation 5? yuk simak ulasan berikut ini.

Apabila kita melihat sejarah nama kontroler di konsol Sony dulu-dulunya, mungkin besar kemungkinan kontroler PS5 ini akan dinamakan Dual Shock 5. Tetapi hingga saat ini Sony belum menyebutkan kontrolernya itu dengan nama tersebut.

Pada postingan di blognya, CEO Sony Interactive Entertaiment Jim Ryan menyebutkan terdapat dua fitur utama di dalam kontroler tersebut. Pertama adalah teknologi haptic sebagai pengganti rumble, yaitu fitur untuk memberikan getaran pada kontroler.

Keunggulan PlayStation 5 dengan Teknologi Terbaru

Ryan menganggap jika menggunakan teknologi haptic ini maka akan memberikan feedback getaran yang berbeda antara satu dengan lain. Selain itu rumble juga sudah lama digunakan sejak konsol generasi pertama.

“Disaat mobil di dalam game menabrak tembok, maka akan terasa jauh berbeda (getaran) dibandingkan dengan melakukan tekel di lapangan bola. Kamu akan merasakan tekstur yang berbeda disaat berlari di lapangan rumput atau berjalan di rumput.” cetus Ryan.

Lalu yang kedua adalah fitur yang disebut dengan adaptive trigger, yang diimplementasikan di dalam tombol trigger (L2 dan R2). Jadi developer game nantinya bisa menyesuaikan tingkat kekerasan tombol sesuai dengan aktivitas di dalam game nya.

Nantinya gamer akan mendapat sensasi baru tersendiri disaat menarik busur dan melepaskan panah dengan tombol tersebut. Atau ketika ingin berakselerasi di dalam sebuah mobil off road yang melewati jalan bebatuan.

Kombinasi dari adaptive trigger dan haptic feedback ini menurut Ryan akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik dari segi skenario dan aksi pada game. Ia juga mengatakan jika para pembuat game sudah mendapat versi awal dari kontroler ini.

Ayo mulai berdiksusi