Mata Uang Digital Milik Facebook Bakal Hadir Bulan Ini

in ,
Uang Digital Facebook

Bukan menjadi suatu hal rahasia jika Facebook tengah mengembangkan cryptocurrency atau mata uang digital. Namun, sepertinya mata uang ini akan hadir lebih cepat dari pada perkiraan sebelumnya.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge, Senin 10/6/2019 Facebook dikabarkan akan merilis mata uang pada bulan ini, tepat pada 18 Juni mendatang. Sebelumnya Facebook mengatakan akan meluncurkan mata uang digital secara global pada 2020.

Menurut laporan The Informant, ke depan pegawai Facebook yang bekerja di proyek yang diberi nama Libra ini memilih untuk digaji dengan token cryptocurrency dari pada menggunakan uang tunai.

Facebook sebelumnya memberikan nama mata uang digital tersebut dengan sebutan GlobalCoin, namun rumor tersebut dibantah melalui berita terbaru kali ini. Tapi, hadir rumor lainnya yang mengatakan mata uang ini adalah ‘Stablecoin’.

Seperti yang diketahui, Stablecoin adalah salah satu mata uang digital yang sudah ditentukan nilainya sama seperti dolar AS, Euro dan Yen. Sehingga nilainya lebih stabil dan tidak naik turun seperti uang biasa pada umumnya.

JANGAN LEWATKAN •
Bos Telegram Sebut WhatsApp Aplikasi Berbahaya, Begini Penjelesannya!

Selain bisa dipakai untuk membayar gaji pegawainya, Facebook juga ingin menargetkan mata uang ini bisa digunakan oleh negara-negara berkembang di mana masih banyak penduduk yang belum memiliki rekening bank. Diharapkan juga nanti bagi pengguna layanan milik Facebook seperti Messenger dan WhatsApp bisa mengirim token ini tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Nantinya perusahaan milik Mark Zuckerberg ini juga akan menyediakan fasilitas fisik yang hampir mirip dengan ATM, di mana bisa mengubah uang tradisional menjadi crypto.

Facebook sepertinya sangat paham akan buruknya reputasi mereka pada belakangan ini dan mereka akan menetapkan badan pengawas independen untuk bisnis dalam mengatur uang digital mereka. Facebook juga memberikan penawaran bagi organisasi pihak ketiga untuk mengelola mata uang digital tersebut.