Waspada, Ada Asteroid yang Mungkin Tabrak Bumi Tahun Ini

in ,
Asteroid Menabrak Bumi

Pada musim gugur tahun ini Bumi akan dihampiri tamu yang tak di undang dari luar angkasa. Asteroid yang diberi nama 2006 QV89 kabarnya tidak hanya melewati Bumi, namun juga bakal ada kemungkinan menabrak Bumi.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Live Science, Senin 10/6/2019 badan antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) memperkirakan salah satu objek luar angkasa ini akan melintasi Bumi pada tanggal 9 September depan.

Setelah dikaji, Asteroid ini adalah salah satu objek yang termasuk ke dalam daftar objek luar angkasa yang kemungkinan besar menabrak Bumi. Dari ke 10 objek yang ada di dalam daftar tersebut, 2006 QV89 menduduki peringkat ke empat.

Kemungkinan Asteroid QV89 akan Menabrak Bumi

Saat ini ESA terus memantau rute yang akan dilewati 2006 QV89. Menurut estimasi ESA, kemungkinan besar asteroid tersebut akan melewati Bumi berjarak lebih dari 6,8 juta kilometer.

JANGAN LEWATKAN •
Akhir Pekan Ini Gerhana Bulan Total Terlama Akan Terjadi, Jangan Sampai Ketinggalan!

Namun, ESA juga menegaskan bahwa ada 1 diantara 7.299 kemungkinan yaitu 2006 QV89 akan menghantam tempat tinggal kita saat ini. Jika hal ini tidak terjadi, 2006 QV89 juga masih akan melintasi Bumi pada tahun 2032, 2045, dan 2062.

Jika memang asteroid menabrak Bumi, dampak kehancuran juga cukup signifikan. Menurut kalkulator Impact Earth milik Purdue University, asteroid ini berpotensi menabrak Bumi dengan kekuatan 1,5 megaton.

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.