Inilah Bocoran Tentang OS Android untuk Feature Phone

in ,
Sistem Operasi Ponsel Fitur Android

Keadaan dimana saat ini para vendor lagi gencar-gencarnya melakukan produksi smartphone, namun ponsel dengan fitur (feature phone) juga memiliki pasar sendiri.

Tentu disebabkan karena masih ada peminatnya, Google kabarnya ingin menggarap OS Android khusus untuk fitur ponsel fitur. Lalu belakangan ini ada rumor yang memperkuat, melalui sebuah video yang menampilkan ponsel fitur dengan beberapa aplikasi Google.

Sebenarnya kabar Android untuk ponsel fitur tersebut sudah terkuak di awal tahun lalu. Ketika kode sumber (source code) browser Chromium terdapat mode ‘tanpa sentuhan’ yang didesain bagi perangkat bukan layar sentuh.

Bocoran Tentang OS Android untuk Feature Phone

Temuan itu juga menjadi tanda awal dari Chrome yang akan ikut nimbrung ke ponsel fitur untuk pertama kalinya.

Tetapi, Google juga sempat menghilangkan/menghapus kode ini di awal September lalu karena diduga tidak jadi membuat software Android untuk ponsel fitur.

JANGAN LEWATKAN •
Android Q Beta Bakal Hadir Di Banyak Smartphone Sebentar Lagi

Selain terdapat beberapa aplikasi bawaan Android seperti Gmail, Maps, YouTube, dan Facebook, ponsel fitur ini juga sudah tersedia aplikasi Proxx yang disebut sebagai kloning game Minesweepee.

Lalu terungkap juga versi Android yang dijalan pada ponsel itu yaitu Android 8.1 seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Selain versi Android, di menu ‘Tenang Ponsel’ juga terlihat deskripsi bahwa ponsel fitur adalah ‘Iron GAFP’. Menurut perkiraan itu adalah singkatan dari ‘Google Android Feature’.

Jika memang rumor ini benar, belum bisa dipastikan apakah penyebab utama Google ingin membuat Android khusus untuk ponsel fitur ini.