Pendiri Kickass Torrent, Artem Vaulin, ditangkap oleh pihak departemen hukum AS. Penangkapan pria 30 tahun asal Kharkiv, Ukraina ini terjadi karena dia diduga sebagai pendiri sekaligus operator situs yang melanggar hak cipta tersebut. Situs Kickass Torrent juga langsung ditutup, sehingga tidak dapat diakses lagi. Vaulin diamankan oleh polisi karena beberapa tuduhan pelanggaran hak cipta.

Apa sebenarnya Kickass Torrent itu?

Kickass Torrent merupakan situs download peer-to-peer BitTorrent terbesar saat ini. Bahkan situs ini mampu mengalahkan situs download lain sejenisnya, yaitu The Pirater Bay.

Seperti dilansir The Verge, Kamis 21 Juli, Vaulin akan menghadapi dua tuntutan kriminal pelanggaran hak cipta, satu tuntutan konspirasi pelanggaran hak cipta, dan satunya lagi tuntutan terhadap pencucian uang. Untuk saat ini semua domain yang dialihkan ke situs tersebut juga disita, dan situs Kickass Torrent telah ditutup.

JANGAN LEWATKAN
Walaupun Dihapus Seluruhnya Oleh Pemerintah, Situs KickAss Torrent Muncul Kembali

“Vaulin dituntut dengan situs file-sharing ilegal yang paling banyak dikunjungi saat ini, bertanggung jawab melawan hukum dengan mendistribusikan materi hak cipta bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS,” tulis anggota Departemen Hukum AS devisi kriminal, Leslie R. Caldwell.

Vaulin telah memanfaatkan server di seluruh dunia untuk menyimpan file-file miliknya. Namun, dirinya tetap tidak bisa bersembunyi dari kejaran pihak keamanan.

“Meskipun begitu, pennakapannya di Polandia memperlihatkan bahwa kriminal cyber bisa tetap berjalan, tetapi tidak bisa sembunyi dari keadilan,” tambah Caldwell.

Pihak berwenang juga telah membekukan semua rekening bank yang bersangkutan dengan Kickass Torrent. Sehingga tidak akan ada lagi pencucian uang melalui situs tersebut.

JANGAN LEWATKAN
Walaupun Dihapus Seluruhnya Oleh Pemerintah, Situs KickAss Torrent Muncul Kembali

Apa ada kasus lain seperti ini?

megaupload-DAF

Kasus seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Amerika Serikat. Sebelumnya juga ada pendiri sekaligus pengelola situs Megaupload yang diamankan terkait pelanggaran hak cipta dan pencucian uang.

Saat itu, FBI dibantu kepolisian Selandia Baru menangkap Kim Dotcom di Auckland pada Januari 2012. Kim menang di persidangan yang meminta dirinya diekstradisi dari Selandia baru ke Amerika Serikat dimana persidangan lainnya telah menunggu. Situs Megaupload sendiri sudah ditutup oleh pemerintah AS sejak tahun 2012 lalu.

Gimana menurutmu dengan situs-situs ini? Ayo ngaku siapa yang sering download lewat Kickass Torrent atau Megaupload? Share di kolom komentar ya!

JANGAN LEWATKAN
Walaupun Dihapus Seluruhnya Oleh Pemerintah, Situs KickAss Torrent Muncul Kembali
BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.