TeknoTrivia

Selain Fungsi Motherboard, Ketahui Juga Bagian-bagian Motherboard Sebelum Merakit PC

Dafunda Tekno sudah menjelaskan fungsi dari motherboard di artikel sebelumnya. Rasanya belum lengkap jika hanya mengetahui tentang motherboard itu setengah-setengah. Nah kali ini Dafunda Tekno ingin kasih tahu kamu juga bagian-bagian motherboard yang harus kamu tahu.

Apalagi bagi yang ingin membuat atau merakit PC gaming. Mencari tahu tentang komponen-komponen yang diperlukan untuk merakit PC gaming itu sangat dibutuhkan. Karena kalau tidak tahu, hasil rakitan tentu bakal tidak maksimal nantinya.

Jadi perlu sekali kamu ketahui tentang motherboard seperti fungsi motherboard, jenis-jenis motherboard, apa peran motherboard di komputer dan bagian-bagian motherboard ini.

Bagian-bagian Motherboard yang Harus Diketahui Sebelum Merakit PC Gaming

Bagian Bagian Penting Motherboard
Bagian-bagian penting motherboard | iStockphoto

Selain mengetahui fungsi dari motherboard, kamu juga harus tahu bagian-bagian dari motherboard. Bagian-bagian dari motherboard inilah yang bakal mampu menghubungkan secara langsung atau tidak langsung di perangkat komputer. Berikut beberapa bagian motherboard yang perlu kamu ketahui.

1. Socket CPU

Socket CPU atau tempatnya Processor adalah salah satu bagian dari motherboard. Terdapat dua tipe socket yang sering digunakan, yaitu LIF dan ZIF. Lif adalah socket model lama singkatan dari Low Insertion Force.

Sementara ZIF adalah socket model baru. Socket tersebut singakatan dari Zero Insertion Force. Sedangkan di processor AMD mereka menggunakan istilah sendiri yaitu socket A.

2. Konektor Power Supply Unit

Konektor power supply uni merupakan pin yang menyambungkan komponen dari motherboard dan juga power supply di komputer. Terdapat dua jenis konektor powersupply yaitu AT dan ATX. Untuk AT sendiri terdapat dua kabel di bagian power power supply yang dapat disatukan. Sedangkan untuk jenis ATX satu kabel supply berada di satu header. Namun saat ini motherboard yang dijual terbaru sudah banyak menggunakan konektor power supply tipe ATX.

3. BIOS atau Basic Input – Output System

BIOS adalah program paling mendasar yang dipakai antara sistem operasi dengan motherboard. BIOS ini sendiri ada di ROM (Read Only Memory). Fungsi dari BIOS adalah mengatur bagaimana suatu komponen dapat bekerja serta terhubung dengan motherboard.

4. North Bridge Controller

Bagi yang belum tahu apa fungsi dari north bridge controller, adalah sebagai penghubung antara socket CPU, slot RAM dan juga slot AGP. Letak dari north bridge controller ini berdekatan dengan processor. Sehingga north bridge controller ini merupakan salah satu komponen paling penting pada motherboard.

5. South Bridge Controller

Sementara south bridge controller ini memiliki fungsi dalam mengatur kerja peripheral yang terdapat di komputer. Seperti IDE controller, BIOS, ROM, keyboard, mouse, USB, LAN dan lainnya. Peran dari south bridge controller mirip seperti north bridge controller, sama-sama penting di dalam komputer.

6. Slot RAM

Kamu mungkin sudah paham jika melihat melihat dari namanya. yap, slot RAM merupakan bagian yang terdapat di motherboard untuk menyematkan RAM. Untuk jenis motherboard terbaru, kini sudah menggunakan jenis DDR3 dan DDR4.

7. CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS ini merupakan baterai yang terdapat di motherboard. Fungsi dari baterai ini adalah untuk memberikan daya di memori pada motherboard yang khusus digunakan untuk setting konfigurasi.

8. Slot IDE dan SATA

IDE adalah singkatan dari Integrated Device Electronic. Slot IDE ini berfungsi sebagai pendukung perangkat seperti hard disk atau floppy disk.

Sementara SATA atau Serial Advance Technology Attachment digunakan untuk menghubungkan ATA. Tetap yang perlu kamu tahu, saat ini motherboard terdapat dua slot ini loh. Memang sih sebelumnya hanya ada satu slot saja di motherboard.

9. Slot PCI

PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Slot PCI berguna untuk menyisipkan Add-on Card LAN atau sound hingga TV Tunner.

10. Slot AGP

AGP yang merupakan singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah slot yang digunakan untuk memasukkan AGP Card yang berguna untuk menampilkan grafis di layar komputer. Slot AGP ini berada dekat dengan slot PCI. Bahkan kedua dari slot ini sukar dibedakan, namun jika kamu lihat dengan teliti, kamu bisa membedakannya kok.

Itulah beberapa bagian motherboard yang perlu kamu tahu jika ingin merakit PC gaming terbaik. Karena jika sudah tahu bagian-bagiannya, nanti kamu tidak sulit lagi saat mulai merakit PC.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment