Berita TeknologiTekno

Gara-gara Powerbank Terbakar, Pesawat Ini Terpaksa Mendarat Darurat

Salah satu pesawat milik Virgin Atlantic terpaksa mendarat secara darurat karena ada sebuah kursi yang terbakar disebabkan oleh battery pack portabel atau powerbank.

Pesawat yang tengah melakukan perjalanan menuju dari bandara JFK di New York menuju bandara Heathrow di London terpaksa mendarat darurat di bandara Logan di Boston setelah muncul api dan asap dari kursi salah seorang penumpang.

Untung saja semua penumpang di dalamnya yang berjumlah 217 orang berhasil dilakukan evakuasi, begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Penyebab Powerbank Terbakar di Dalam Pesawat

Api tersebut berhasil dipadamkan oleh kru pesawat. Setelah dilakukan investigasi, ditemukan ada sejumlah kabel di kursi yang terbakar di mana juga terletak sebuah powerbank dan charger ponsel.

Belum ada kejelasan yang pasti mengenai kenapa powerbank itu terbakar. Jika dilihat dari banyak kejadian, baterai lithium ion sangat berpotensi terbakar. Selain itu penggunaan charger yang tidak kompatibel bisa memberikan arus terlalu besar atau baterai yang cacat sehingga terjadi overcharge, dan suhu panas berlebih juga bisa membuat baterai terbakar.

Read more:  Laptop MacBook Pro Dilarang Masuk Pesawat, Ini Penyebabnya!

Karena hal tersebut, saat ini sudah banyak badan regulasi penerbangan di berbagai negara mulai menerapkan aturan ketat mengenai powerbank atau jenis baterai yang bisa di bawah ke dalam pesawat.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications