Mark Zuckberg Jelaskan Penyebab Facebook Cs Sering Down

in ,
Mark Zuckerberg

Pada tahun 2019 layanan Facebook Inc sudah tercatat empat kali tumbang secara bersamaan. Layanan media sosial Facebook, WhatsApp, dan Instagram terakhir kali down yaitu pada awal Juli lalu.

Tumbang ketiga layanan secara bersamaan pada Juli lalu adalah menjadi durasi yang paling lama terjadi. Menurut situs Downdetector melaporkan jika gangguan itu mulai dari pukul 21.00 WIB hingga dinihari.

Lantas Facebook meminta maaf, media sosial miliknya itu katanya ada kesalahan sistem saat proses maintanance. Apakah benar demikian?

Mark Zuckerberg Jelaskan Penyebab Layanan Facebook Sering Down

Dalam beberapa waktu lalu ada sebuah rekaman dari bos Facebook, Mark Zuckerberg yang bocor kepada media. Di dalamnya terdengar jika Zuckerberg juga membahas penyebab tumbangnya layanan Facebook beberapa bulan lalu.

Walaupun ia menyampaikan pernyataan tersebut cukup diplomatis, namun yang intinya adalah ia mengakui jika Facebook memang sedang melakukan beberapa tes, dari tes itulah membuat sistem mengalami down.

“Kejadian sebelumnya itu hanyalah sebuah hal kecil, dan sekarang menjadi hal yang menyebabkan sistem runtuh. Dan kita perlu mengubah cara kerja akan hal tersebut, dan lebih fokus untuk kendala sistem yang lagi kita buat,”ungkap Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengungkapkan jika kejadian tumbangnya layanan Facebook ikut memberi dampak kepada pengguna yaitu kepercayaan. Sehingga banyak pengguna Facebook yang sudah beralih ke layanan lain seperti iMessage atau Telegram.

Ia juga mengatakan, untuk membangun kembali kepercayaan butuh waktu yang berbulan-bulan kepada penggunanya. “Jadi ini adalah masalah serius. Kami telah melakukan hal buruk dari pada sebelumnya” tambah Zuckerberg.

Tumbang Sebanyak Empat Kali dalam Setahun

Facebook sendiri sudah mengalami gangguan sebanyak empat kali di tahun 2019 ini. Dimana gangguan pertama dialami layanan Facebook pada Januari lalu.Namun pada saat itu hanya ada dua layanan yang terjadi gangguan yaitu Instagram dan WhatsApp, hingga tidak dapat diakses disejumlah wilayah dunia.

Lalu gangguan kedua terjadi dan ini yang paling parah pada pertengahan Maret 2019. Dikala itu Facebook, Instagram dan WhatsApp sama-sama mengalami gangguan berjam-jam mulai dari pagi hari.

Pada saat itu juga ada yang beranggapan jika Facebook sedang diserang para peretas. Namun dugaan tersebut dibantah oleh Facebook dengan mengatakan penyebabnya adalah karena gangguan server.

Setelah satu bulan berselang pada April lalu, layanan Facebook ketiganya kembali tumbang untuk ketiga kalinya di tahun 2019.

Oleh sebab itu banyak pengguna Instagram sulit untuk memposting konten dan fitur-fitur utama seperti Instagram stories, Direct Message dan aliran feed tidak dapat diakses.

Tinggalkan Balasan