Kenali Beberapa Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

in ,
Inilah Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya
Inilah Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya | 123rf.com

Kenapa laptop lemot? itulah pertanyaan yang sering tergiang-ngiang di kepala saat laptop yang kamu gunakan itu mulai melambat jika sebelumnya baik-baik aja. Menggunakan laptop kini sudah termasuk ke dalam kebutuhan primer. Karena laptop terbilang lebih praktis dari pada PC atau komputer.

Fungsi dari laptop sendiri melebihi smartphone yang dapat digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak dapat dikerjakan di smartphone. Misalkan seperti mengedit video dalam durasi yang panjang atau menulis artikel yang panjang.

Walaupun dinilai lebih praktis dari PC, laptop juga bisa sewaktu-waktu menjadi lemot. Bagi yang aktif dalam menggunakan laptop, di saat laptop menjadi lemot sudah pasti kamu merasa kesal kan? Berbagai cara bakal kamu lakukan seperti mencari tahu apa penyebab laptop lemot supaya dapat segera teratasi.

Penyebab Laptop Lemot yang Perlu Kamu Kenali

Bingung apa penyebab laptop lemot? kali ini Dafunda Tekno bakal kasih tahu beberapa penyebab laptop bisa lemot serta cara mengatasinya. Nah mungkin cara mengatasi laptop lemot bakal Dafunda Tekno kasih tahu di artikel sebelah. Tidak di artikel ini, untuk melihatnya kamu bisa klik link yang Dafunda Tekno sediakan di bawah nanti.

1. Harddisk sudah berumur

Pengguna Hardisk Di Laptop Terlalu Lama
Pengguna Hardisk Di Laptop Terlalu Lama | m.sodrk.ru

Jadi jangan mengira cuma kita aja ada umurnya, barang elektronik seperti harddisk juga memiliki usia. Harddisk juga memiliki batasan usia, jadi semakin tua hardisk tentu bakal mempengaruhi performa dari laptop secara keseluruhan.


2. Kapasitas Harddisk Penuh

Hardisk Penuh Menyebabkan Laptop Lemot
Hardisk Penuh Menyebabkan Laptop Lemot | Twitter.com

Menyimpan banyak data di dalam harddisk juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Jika kapasitas harddisk kamu sudah mencapai 95 persen, kemungkinan besar laptop kamu bakal lemot.

3. Terlalu banyak install aplikasi

Gunakan Aplikasi Sesuai Dengan Kebutuhan Di Laptop
Gunakan Aplikasi Sesuai Dengan Kebutuhan Di Laptop

Jika menginstall aplikasi terlalu banyak di laptop, hal tersebut juga bakal menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Pasalnya aplikasi-aplikasi bakal berjalan di latar belakang (background) ketika laptop mulai dinyalakan. Makin banyak aplikasi yang terinstall di laptop, maka secara otomatis proses booting bakal lama, sehingga menyebabkan laptop lemot.

4. Terdapat banyak Add-ons

Add Ons Browser
Add Ons Browser | toilait.net

Mungkin kamu tidak sadar jika suka menambahkan banyak add-ons di halaman browser. Hal tersebut juga menjadi penyebab laptop lemot. Apalagi kamu menggunakan browser yang menggunakan daya besar.

5. Membuka aplikasi banyak sekaligus

Tidak jarang dari kita yang membuka aplikasi di laptop banyak sekaligus dalam satu waktu. Ini menjadi salah satu penyebab laptop lemot karena keterbatasan RAM di laptop yang kamu miliki.

Penyebab Laptop Lemot Lainnya

Penyebab Laptop Menjadi Lemot
Penyebab Laptop Menjadi Lemot | doeua.es

6. Banyak membuka tab di browser

Nah bagi yang suka browsing di laptop yang memiliki spesifikasi pas-pasan, usahakan tidak membuka tab di browser terlalu banyak. Hal tersebut juga bakal menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Apalagi kamu membuka situs yang memiliki auto-refreshing.

7. Laptop terkena virus

Laptop jika terinfeksi dengan virus, tentu bakal menghambat kinerja dari laptop bahkan dapat merusak perangkat. Nah makanya kamu harus terus waspada jika ingin menggunakan laptop dalam keadaan aman selalu. Jangan asal menerima file baik online atau offline.

8. Antivirus yang tidak aktif

Cara mengatasi terinfeksinya virus di laptop itu tentu yang harus kamu siapkan itu adalah antivirus di laptop terbaik. Nah kebayangkan jika antivirus tidak terlalu aktif, ini juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot.

Lakukan serutin mungkin scanning antivirus di laptop kamu. Supaya lebih aman, gunakan antivirus yang legal supaya laptop kamu aman dan tidak lemot.

9. Kapasitas RAM terlalu kecil

Sebenarnya masalah atau penyebab utama laptop lemot itu bisa jadi dari segi kapasitas RAM. Karena RAM memiliki fungsi penting terkait kecepatan kinerja laptop. Jadi jika laptop kamu memiliki kapasitas RAM kecil, bisa ganti ke RAM yang lebih besar.

10. Tidak pernah melakukan update OS (sistem operasi)

Memperbarui sistem operasi bagi pengguna laptop Windows atau MacOS itu perlu secara rutin dilakukan. Hal tersebut tentu bakal membantu memperbaiki jika ada kekurangan-kekurangan dari OS laptop. Jika kamu jarang melakukan update, yups siap-siap aja laptop kamu bakal jadi lemot.

Itulah beberapa penyebab laptop lemot yang sering membuat orang jengkel. Apakah kamu salah satu orang yang sering mengalami masalah laptop lelet? Jika iya, Dafunda Tekno punya solusinya. Kamu bisa melihat cara mengatasi laptop lelet melalui tautan di bawah ini.