Google kembali memperkenalkan salah satu produk pintar terbaru dari mereka dalam ajang Google Event di San Fransisco, California pada senin 4/10 waktu setempat. Di acara tersebut, Google Memperkenal kan smartphone generasi terbaru mereka bernama “Pixels”

Ternyata smartphone terbaru kali ini hadir dengan dua varian, yakni Pixel dan Pixel XL. Dilihat dari fisik yang membedakan keduanya adalah pada layar. Untuk tipe Pixel mendukung layar lima inci (5″) ditambah dengan tampilan 1080p. Sedangkan untuk Pixel XL didukung dengan ukuran layar 5,5″ ditambah panel Quad HD. Kerennya lagi, untuk perangkat lunak (software) memang langsung diproduksi oleh Google sedangkan hardware-nya berbentuk smartphone HTC.

Namun, dalam ajang perilisannya, seluruh penghargaan langsung diberikan kepada Google sendiri. Seperti yang dikutip dari The Verge, Google sempat memberikan julukan untuk produk terbarunya ini yaitu “phone by Google” atau diartikan kurang lebih “ponsel dari Google”. Kedua tipe smartphone tersebut disematkan prosesor terbaru, yaitu Snapdragon 821. Untuk sejauh ini smartphone ini tampaknya biasa-biasa saja, layaknya smartphone pada umumnya, apa sih yang lebih dari Pixel ?

JANGAN LEWATKAN
10 Smartphone Terbaik 2015 Berdasarkan hasil Benchmark AnTuTu

Google Akan Gandeng Android Khusus dan Fitur Spesial di Smartphone Generasi Terbaru nya

nexus-vs-pixel

Bagi Kamu yang ingin memiliki ponsel baru Google ini, sepertinya keburuntungan sedang berpihak. Google dikabarkan akan menyematkan Android khusus dalam Pixel. Disamping itu software Android didalamnya sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat mendukung platform Virtual Reality (VR) Daydream miliki Google.

Pada bagian kamera, Pixel sudah menyediakan lensa 12,3 megapixel (MP) didukung resolusi 1,55 micron pixels (mp) dan bukaan f/2.0. Google juga menyebutkan kamera mereka lebih cepat disaat pengambilan gambar. Selain itu, kamera nya sudah dilengkapi dengan penstabil rekaman video dan tangkapan gambar. Google sendiri tidak segan-segan menyebutkan bahwa smartphone pixel adalah smartphone terbaik yang pernah diproduksi.

Smartphone Pixel sendiri adalah perangkat dengan OS Android yang dibentuk dengan fitur Assistant. Fitur tersebut adalah hasil dari pengembangan Google Now. Multifungsi yang hampir sama yaitu dapat mengatur informasi yang mau dilihat melalui layar smartphone, namun yang bedanya fitur ini dapat dijalankan hanya dengan perintah suara kita.

JANGAN LEWATKAN
10 Smartphone Terbaik 2015 Berdasarkan hasil Benchmark AnTuTu

 

nexus-vs-pixel

Yups, hanya menggunakan perintah suara kita sudah bisa mengontrol aktifitas didalam smartphone. Google Assistant ini sudah dapat membantumu dalam hal mencari foto-foto lama, reservasi restauran, dan sampai mengatur jadwal pribadi. Semua pekerjaan tersebut dapat Kamu lakukan hanya dengan perintah suara saja. Terkait dengan fitur VR Daydream, Google juga memberikan pengumuman didalam acara yang serupa. Google memberikan pengumuman penjualan perangkat VR untuk melengkapi fitur dalam sistem operasi Pixel.

Google memberikan penawaran untuk perangkat VR-nya seharga 79 Dollar Amerika atau disetarakan dengan satu juta rupiah. Apa sih bedanya kedua perangkat Pixel dengan smartphone generasi sebelumnya yaitu Nexus?

Beda Smartphone Pixel Dengan Nexus

nexus-vs-pixel

Jika ditinjau secara garis besar, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bisa dibilang Google tidak lagi menggunakan brand Nexus untuk perangkat barunya. Mereka sengaja menggandeng nama baru untuk sebuah produk terbarunya seperti Pixel sendiri. Seperti yang dilaporkan oleh Pocket-lint.com, jika dibandingkan dengan Nexus 5X, Pixel tampak jelas memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Nexus. Namun Nexus lebih ringan.

JANGAN LEWATKAN
10 Smartphone Terbaik 2015 Berdasarkan hasil Benchmark AnTuTu

Smartphone Nexus 5X memang terlihat tipis dan ringan, memiliki ukuran 147 x 72,6 x 7,9 mm dan berat 143 gram. Perangkat 5X ini juga sudah dilengkapi sensor sidik jaru dengan USB tipe C yang tidak lain adalah produk LG. Sementara untuk perangkat Pixel didukung dengan ukuran 143,8 x 69,5 x 8,6 dan berat perangkat tersebut sebesar 143 gram. Dilihat dari berat memang sama, namun ketika dipegang ada yang beda dari keduanya. Apa itu karena Pixel lebih tebal bentuknya. Smartphone Pixel juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari dan USB tipe C.

nexus-vs-pixel

Seperti yang sudah DafundaTekno sebutkan diatas, Pixel memiliki bentang layar 5″. Sementara dengan Nexus 5X memiliki ukuran layar sebesar 5,2″. Namun kali ini Pixel lebih unggul, karena sudah diberikan perlindungan layar yakni Gorilla Glass 4. Layar tersebut sudah diklaim lebih kuat dari pada yang disematkan pada Nexus 5X, Corning Gorilla Glass 3. Pixel juga sudah memberitan tampilan lebih tajam.

JANGAN LEWATKAN
10 Smartphone Terbaik 2015 Berdasarkan hasil Benchmark AnTuTu

Jika dilihat dari fitur spesial Pixel memang sudah unggul. Salah satu fitur yang tersedia adalah VR. Disamping itu untuk sistem operasinya juga menggunakan Nougat. Sedangkan Nexus 5X masih menggandeng sistem operasi Marshmellow. Pada umumnya kedua perbedaan keduanya adalah dari segi produksi. Pixel memang benar-benar diproduksi langsung oleh Google. Sedangkan Nexus adalah smartphone Google namun yang memproduksi oleh perusahaan lain, seperti Motorola dan LG.

Smartphone Pixel Tersedia dalam 3 warna, hitam (Quite Black), biru (Really Blue) dan silver (Verry Silver). Smartphone ini memang sudah bisa dipesan semenjak diluncurkan kemarin. Sementara untuk penjualan pasaran secara resmi dan luas adalah pada 20 Oktober 2016 kedepan. Untuk di Indonesia belum ada kepastian jelas akan hadirnya, apakah akan mengikuti tanggal 20 tersebut.

Sumber: The Verge

BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...