Ponsel Meledak di Pesawat Ini Viral, Begini Fakta Sebenarnya!

in ,
Ponsel Meledak Di Pesawat

Twitter sedang banyak yang membahas soal ponsel di tengarai meledak karena dinyalakan di dalam pesawat. Lalu bagaimana sebenarnya fakta dari kejadian ponsel meledak di pesawat itu? yuk simak ulasannya.

Seperti yang Dafunda Tekno telusuri lebih jauh, ternyata video ponsel meledak di pesawat yang viral itu adalah cuplikan kejadian di pesawat Royal Brunei Arilines pada Januari lalu. Begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari The Straits Times. Ledakan itu bukan berasal dari ponsel, tetapi dari sebuah powerbank.

Ponsel Meledak di Pesawat Viral

Video viral itu dipublis oleh Francis Ngu Hown Hua yang memuji para awak kabin yang profesional dalam menangani kasus. Namun tidak dijelaskan apakah penumpang di pesawat sedang menggunakan powerbank disaat ledakan terjadi.

Seperti yang diketahui, powerbank dan perangkat yang menggunakan baterai di dalam aturan penerbangan harusnya diletakkan ke kabin pesawat. Dilarang membawa barang seperti itu di dalam koper bagasi, karena baterai perangkat itu kemungkinan dapat meledak atau terbakar.

“Jika di kabin tentu dapat terkontrol dan terlihat, jadi bisa segera dilakukan sebuah tindakan. Sementara jika dibagasi, maka tidak akan terawasi dengan baik, ditambah ada tumpukan koper dan banyak pakaian. Jika terbakar, maka bisa sangat berbahaya. Jadi powerbank atau alat yang terdapat baterai di dalamnya dan juga kapasitas yang banyak di koper di larang bawa” ungkap Lucky Sebastian, sebagai pengamat gadget.

Apa Penyebab Terjadinya Ledakan?

Lalu apakah ledakan powerbank yang terjadi ini karena membawa yang melebihi batas maksimum dari kabin atau tidak. Lucky mengatakan jika itu belum tentu. Menurutnya powerbank dibatasi di bawah 100 Wh bagi setiap orang yang ingin membawanya ke kabin.

“paling besar kira-kira 26 ribu mAh lah jika tegangannya di 3.7 V. Tujuannya kalaupun itu akan meledak dan terbakar, efeknya tidak hingga merusak yang begitu hebat dan bisa mengakibatkan pesawat akan jatuh. Makanya aturan penerbangan, selama penerbangan semua tidak dibolehkan untuk melakukan mengisi daya ponsel dengan powerbank” ungkap Lucky.

“Ada banyak kemungkinan penyebab dari powerbank meledak, bisa jika sedang digunakan, kondisi tidak bagus (seperti baterai kembung) atau short circuit atau emang jelas jelek kualitasnya. karena banyak sekali powerbank palsu dan kurang pengamannya.” tambahnya.

Jadi buat kalian yang ingin berpergian menggunakan pesawat sebaiknya hati-hati ya dengan ponsel atau powerbank kalian. Selalu taati peraturan penerbangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagikan jika kamu suka