Kenapa Gempa Bumi Tidak Bisa Diprediksi? Begini Kata Ahli

in ,
Prediksi Gempa Bumi

Hingga saat ini belum ada teknologi memprediksi kapan gempa bumi terjadi. Mungkin ada yang bertanya kenapa gempa Bumi tidak dapat diprediksi melainkan hanya mengetahui potensinya saja? Begini jawaban sang ilmuwan.

Ilmuwan saat ini dapat memperkirakan kapan gempa susulan terjadi tetapi setelah gempa pertama muncul. Seperti pada awal Juli lalu di California Selatan memiliki peluang 27% terjadi gempa bumi susulan untuk ketiga kalinya dengan magnitude di atas 6 SR.

BACA JUGA:

Perkiraan tersebut dibuat oleh ilmuwan di United States Geological Survey (USGS) memakai model dari kebiasaan seismik dengan data beberapa dekade tentang gempa susulan. Namun, prediksi yang sama tidak mungkin diterapkan dengan gempa yang pertama terjadi.

“Sekalipun secara teoritis, dan secara praktis adalah hal yang mustahil”

Andrew Michael, USGS via Reuters

Memprediksi gempa susulan dengan magnitude tertentu di setiap wilayah memang salah satu hal yang bisa dilakukan seismolog dengan menggunakan data historis. Namun, mereka menghimbau agar membangun rumah tahan gempa, karena tidak akan ada yang memberi tahu warga jika gempa terjadi pada waktu tertentu.

Gempa Bumi terjadi disebabkan ada patahan tiba-tiba di kedalaman dan dipicu oleh kekuatan yang lebih dalam lagi di Bumi. Jadi sangat sulit memahami bagaimana bebatuan dengan tekanan dan temparatur di dalamnya.

Di sisi lain, teori tingkah binatang yang tidak biasanya ketika gempa terjadi juga bisa membuat diteliti lebih lanjut. Secara umum hal tersebut tidak dapat diandalkan untuk melakukan prediksi secara pasti.

Ada beberapa kasus juga gempa Bumi diawali oleh suatu perubahan. Namun ada kala, tak ada tanda apapun yang akan terjadinya gempa yang sangat merusak.

Hingga saat ini belum ada satupun negara di dunia yang memiliki teknologi untuk memprediksi kapan gempa bumi terjadi dengan tepat dan akurat. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi mengenai prediksi menganai gempa bumi.