WhatsApp Sediakan Saluran Khusus Buat Laporan Pemilu Menjelang Pemilu 2019

in ,
Misinformasi Whatsapp

Pada ajang pemilu 2019 ini, WhatsApp juga ikut andil dengan menyiapkan sebuah saluran telepon yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan hoax. Khususnya yang berkaitan dengan konten misinformasi.

Apa itu misinformasi? misinformasi adalah salah satu karakteristik dari hoax. Atau bisa dibilang misinformasi adalah kabar bohong yang disebar tanpa ada tujuan yang jelas secara sengaja.

Saluran Khusus Buat Laporan Saat Pemilu di WhatsApp

Nantinya masyarakat bisa mengirimkan laporan baik berupa teks, video dan audio yang memiliki unsur misinformasi ke nomor +62 855-7467-6701. Mengenai saluran khusus buat laporan saat pemilu 2019 ini, WhatsApp bekerjasama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Laporan yang dikirimkan oleh masyarakat ini bertujuan untuk membantu membangun arsip data Mafindo tentang penyebaran misinformasi selama pemiliham umum dan juga dapat membantu jurnalis dalam mempublikasikan informasi yang faktural kepada masyarakat Indonesia.

Seperti yang disampaikan dalam keterangan tertulis WhatsApp, Menyampaikan tantangan dari misinformasi viral sangat membutuhkan kolaborasi antara perusahaan teknologi dan masyarakat. Diharapkan ini adalah upaya dari kontribusi untuk menjaga keamanan selama pemilu dengan memastikan tidak ada misinformasi yang tersebar luas.

Tinggalkan Balasan