Dafunda.com – Sudah tahukah Kamu dengan dampak buruk yang terjadi bagi laptop atau komputer jika dalam kondisi panas berlebihan ? memang benar hal yang sangat menyebal saat menggunakan komputer atau laptop panas yang berlebuhan sampai overheat, selain mengganggu aktifitas Kamu, juga pada komputer atau laptop Kamu akan mendapat salah satu dampak buruk adalah hardware akan terjadi rusak karena tidak sanggup menanggung dari pada suhu panas tadi. Dengan demikian, kali ini Saya akan memberikan sedikit uraian mengenai dengan akibat atau penyebab, dan resiko serta solusi jika Kamu berada pada situasi laptop dalam keadaan panas dan berdebu.

Resiko Jika Terjadi Kerusakan pada Hardware karena laptop panas

akibat laptop panas dan berdebu 04-minDimulai dengan penyebab terjadi kerusakan pada hardware. Seperti yang kita ketahui hardware adalah perangkat keras yang ada pada komputer atau laptop, diantaranya keyboard, CPU, LCD dan lain-lain. Hardware sangat sensitif terhadap debu atau kotoran dari luar yang membalut mengganggu dari pada komponen-komponen komputer yang ada. Contoh yang sangat fatal terjadi adalah pada kipas yang terdapat pada komputer atau laptop. Dengan berkumpulnya debu pada kipas yang berfungsi untuk menjaga kinerja komputer malam mengalami kerusakan, sehingga dampak buruk yang akan dirasakan pada laptop atau komputer Kamu sangat cukup besar.

JANGAN LEWATKAN
Harus Tahu! Ini dia 10 Laptop Gaming yang Paling Banyak Dicari Mahasiswa

Apabila hal ini dibiarkan kipas tidak dapat bekerja dengan optimal dan prosessor akan mudah sekali panas, dan menurut pengalaman Saya sendiri suhu prosessor sangat cepat mengalami panas. Pada situasi ini tentu prosessor akan memberikan sinyal untuk mematikan agar supaya tidak terjadi oveheat yang lebih buruk. Jika Kamu tidak memperhatikan serius dan membiarkan nya begitu saja, maka kedepan Kamu harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli komponen-komponen pada laptop atau komputer yang tidak bisa digunakan sama sekali. Karena masalah overheat tadinya akan merambat kepada tempat-tempat sensitif lainya seperti RAM, Hardisik sehingga dapat terjadi error.

Kotoran atau Debu yang Bandel

akibat laptop panas dan berdebuSebenarnya jika kita lihat dalam sehari-hari debu tidak dapat kita hindari dalam berbagai tempat, apalagi pada komponen-komponen komputer yang berada didalamnya. Debu seiring dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit akan mengalami penumpukan dan membuat kipas yang ada pada komputer tidak normal lagi bekerja dengan semestinya, kipas memang sangat cepat menghirup debu, bisa Kamu perhatikan dengan kipas angin, atau pendingin lainnya dalam ruangan terbuka pada kipas dengan seiring perjalanan waktu debu yang tadinya sedikit menjadi banyak menumpuk dan membuat bagian pada kipas angin tadi menjadi jorok, dan sangat bahaya bagi kesehatan. Begitu juga dengan kipas yang ada pada laptop atau komputer. Kipas pada laptop dan komputer tadi yang berfungsi sebagai pendingin prosessor tidak dapat bekerja dengan optimal mengakibatkan komputer dalam suhu panas tinggi dan dampak buruk yang akan terjadi adalah pada komponen-komponen laptop atau komputer akan mengalami kerukan yang serius.

JANGAN LEWATKAN
Inilah 10 Laptop Gaming Terbaik Murah, Hanya 3 Jutaan

solusi dari pada permasalahan Laptop panas dan berdebu

Beruntung jika Kamu menggunakan laptop jika cassing yang digunakan cukup mudah untuk dilepas, maka langkah yang bisa Kamu lakukan adalah untuk membuka cassing laptop tersebut. Jika sudah terbuka sekarang Kamu bisa memperhatikan debu yang sudah menumpuk dengan jelas, apalagi pada motherboard yang merupakan titik pusat berkumpulnya debu.

akibat laptop panas dan berdebuSekarang langkah selanjutnya Kamu bisa menggunakan semprotan angin untuk membersikan dari berbagai sela-sela kipasa yang terdapat debu. Jika sudah bersih pada bagian kipas, Kamu juga bisa memperhatikan pada bagian yang lainnya jika terdapat abu yang mengumpul sehingga bisa Kamu bersihkan dengan menggunakan semprotan angin tadinya (compressed air). Dan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan semprotan angin jangan terlalu kencang angin, karena bisa menyebakan terjadi rusak pada dinamo dibawahnya.

JANGAN LEWATKAN
Cuma Ada dua Tipe Pengguna Gadget di Dunia ini (Part 1)

Nah bagaimana bagi pengguna laptop yang sulit membuka cassing nya ?
Jangan khawatir bagi yang sulit untuk membuka cassing laptop atau memang tidak berani mengambil resiko untuk membuka cassing, maka disini semprotan angin (compressed air) memiliki peran penting untuk membersikan dari pada debu yang menempel melalu ventilasi udara yang terdapat pada laptop Kamu. Mungkin kerja antara cassing yang bisa dibuka dengan tidak bisa dibuka sangat berbeda, dengan cassing yang tidak bisa dibuka, mungkin Kamu lebih ekstra untuk membersihkan dari pada debu yang mengganggu, dikarenakan space yang tersedia sangat sempit.

Bagi yang ingin mencari semprotan angin (compressed air) Kamu bisa mencari ditoko-toko terdekat yang menjual aksesoris komputer. Dengan menggunakan alat tersebut, maka pekerjaan Kamu terasa lebih ringan dibandingkan dengan tanpa alat bantu apapun, dan yang harus Kamu perhatikan adalah harus tetap hati-hati jangan ceroboh supaya jangan sampai niat ingin memperbaiki menjadi sebuah masalah yang tidak diinginkan.

JANGAN LEWATKAN
15 Laptop Gaming Terbaik Bisa Kamu Bawa Pulang Hanya dengan 5 Jutaan

Terimakasih telah berkunjung jika ada solusi dari agan lainnya bisa ditinggalkan dikolom komentar dibawah yang sudah Kami sediakan, Semoga bermanfaat.

 

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...