WhatsApp Error, Notifikasi dan Last Seen Tidak Berfungsi dengan Baik

in ,
Whatsapp Kembali Error
Whatsapp Kembali Error | mobiluygulama.com

WhatsApp belakangan ini sedang menghadapi masalah pengaturan privasi di aplikasinya. Dimana disaat pengguna WhatsApp ingin menukar pesan tersebut tidak dapat melihat status ‘sedang mengetik‘ dan ‘terakhir dilihat‘.

Aplikasi WhatsApp juga tidak dapat memunculkan notifikasi ‘sedang mengetik’ jika pengguna lain sedang mengetik pesan. Disamping itu, pengguna WhatsApp mengeluhkan soal pengaturan privasi di fitur ‘terakhir dilihat’ yang mana sudah berubah menjadi ‘nobody’.

Pada saat pengguna mencoba untuk mengganti ke pengaturan ‘semua orang’ ada pemberitahuan ‘gagal memperbarui pengaturan privasi, coba lagi, “begitulah laporan yang dikutip dari CNBC TV18.

WhatsApp Kembali Bermasalah, Mulai Tidak Muncul Notifikasi dan Last Seen Tidak Berfungsi

Last seen merupakan fitur WhatsApp yang memberikan informasi kepada pengguna, kapan seseorang terakhir melihat di WhatsApp. Lalu keterangan ‘sedang mengetik atau typing’ untuk memberikan status apakah seseorang sedang mengetik pesan di kolom pengetikan pesan pada aplikasi WhatsApp.

JANGAN LEWATKAN •
Whatsapp Kamu Disadap? Ini Cara Mudah Mengatasi Whatsapp Disadap Di Android

Downn Detector mengatakan kalau masalah ini dipengaruhi oleh pengguna di AS, Inggris, Eropa, dan beberapa negara bagian Asia bahkan termasuk pula India dan Singapura. Menurut hasil pemetaan Down Detector WhatsApp memang sempat bermasalah di wilayah-wilayah tersebut mulai bulan April lalu, seperti yang diberikan oleh India Today.

Down Detector melihat adanya peningkatan penggunaan yang besar dalam laporan WhatsApp down hari ini. Down Detector bahkan mengumpulkan hampir 4.000 laporan WhatsApp down. Dari mereka yang terkena dampak, 73 persen masalah pada fitur yang terakhir dilihat. Lalu 24 persen mengalami masalah koneksi, seperti yang ditulis oleh Express.

Sehingga tagar WhatsApp down kini menjadi trending topik di Twitter, banyak pengguna yang mengalami masalah. Serta keluhan dengan membagikan tangkapan layar aplikasi WhatsApp mereka yang sedang bermasalah.

Menurut informasi yang Dafunda Tekno kutip dari Financial Express, WhatsApp down ini bukan hal baru lagi. Permasalahan memang kerap terjadi di WhatsApp bahkan sebelum aplikasi pesan instan ini diakuisisi oleh Facebook.

JANGAN LEWATKAN •
Malu Stories WA Dilihat Gebetan? Begini Cara Menyembunyikan Status WhatsApp

Namun masalah yang dialami kali ini bisa dibilang beda, karena sudah melibatkan soal pengaturan privasi diduga seperti adanya pembaruan server yang sedang dilakukan oleh WhatsApp di fitur khusus tersebut.

Tahun Lalu WhatsApp Kerap Juga Mengalami Masalah

Sebelumnya layanan pesan instan WhatsApp pernah tumbang atau tidak bisa sama sekali digunakan pada Rabu 22/5/2019.

Berdasarkan hasil laporan dari Downdetector, kendala penggunaan WhatsApp terdeteksi mulai dari pukul 12.02 WIB. Saat ini terdapat 80 laporan netizen yang mengatakan WhatsApp sulit untuk digunakan.

Pada 2019 lalu, WhatsApp sudah mengalami masalah sebanyak tiga kali, yaitu pada 14 Maret, 14 April dan 7 Mei. Semua dari masalah teknikal tersebut dialami oleh pihak WhatsApp.