Windows 7 Mulai Dihentikan, Ini yang Harus Dilakukan Penggunanya!

in ,
Update Windows 7 Dihentikan
Microsoft Hentikan Update Windows 7 | euroweeklynews.com

Mulai hari ini Microsoft mulai menghentikan dukungan untuk sistem operasi Windows 7. Sebelumnya Dafunda Tekno sudah membahas soal salam perpisahan Windows 7, dimana Microsoft bakal hentikan update untuk OS tersebut. Pengumuman itu pula dibuat lebih kurang setahun yang lalu.

Hal tersebut tentu banyak yang bertanya soal nasib pengguna PC dekstop/ laptop yang masih menjalankan OS Windows 7 setelah 14 Januari 2020.

Microsoft Hentikan Update Windows 7

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari laman Microsoft, Pengguna yang masih menggunakan Windows 7 setelah 14 Januari masih dapat menggunakan sistem operasi tersebut. Namun pengguna Windows 7 tersebut tidak dapat lagi update dari Microsoft.

Jika update Windows 7 tidak disediakan lagi, maka pengguna juga tidak akan lagi mendapatkan pembaruan terbaru terkait keamanan dari sistem itu sendiri.

Hal yang Harus Dilakukan Pengguna Windows 7

Namun pihak Microsoft menyarankan kepada penggunanya untuk menggunakan Windows 10 supaya tetap mendapatkan update terbaru. Sudah pasti terhindar dari ancaman keamanan dari sistem seperti malware.

Bagi pengguna Windows 7 yang ingin beralih ke Windows 10 disarankan juga untuk memperhatikan seperti dukungan aplikasi dan spesifikasi PC.

Sebelum install Windows 10, dipastikan pengguna sudah mengecek jika PC yang digunakan sudah memenuhi kriteria minimum saat menggunakan Window 10.

Syarat Minimum PC untuk Menjalamkan Windows 10

Beberapa syarat minimum PC supaya dapat menjalankan Window 10 yang disarankan Microsoft adalah sebagai berikut:

  • PC yang memiliki kapasitas RAM 1GB untuk versi 32-bit dan RAM 2GB untuk versi 64-bit.
  • Kartu grafis harus mendukung API Direct X9 atau lebih tinggi
  • Memiliki ruang penyimpanan/ hardisk minimal 16GB untuk versi 32-bit dan 20GB untuk versi 64-bit.

Pengguna disarankan untuk melakukan backup data lokal dari komputer ke layanan cloud atau menggunakan hardik eksternal, supaya tidak ada kehilangan data penting.

Microsoft sudah menyediakan tools Windows Hardware Compatibilty supaya pengguna lebih mudah saat ingin mengetahui spesifikasi minimal PC, untuk menjalankan Windows 10.

Microsoft sebelumnya sudah menyediakan layanan tambahan untuk pengguna Windows 7. Tetapi ini hanya berlaku untuk pengguna di kelas perusahaan/enterprise dengan biaya ekstra.

Bagi yang ingin mendapatkan dukungan tersebut, pelanggan Windows 7 Enterprise membayar Rp 350.000 untuk priode Januari 2020 hingga Januari 2021.

Harga itu akan semakin tinggi seiring pertambahan tahun. Pihak Microsoft sengaja melakukan kebijakan tersebut supaya pengguna beralih ke Windows 10.