Biasa Bagi Orang Indonesia, Tapi 5 Hal Ini Dianggap Unik Turis Asing

in , ,
Mie 20180314 182228

Setiap negara mempunyai keunikan masing-masing. Tak terkecuali Indonesia. Dari beragam ciri khas yang dimiliki Indonesia, ada beberapa kebiasaan yang bagi turis asing itu sangat unik.

5 Hal Biasa Orang Indonesia yang Dianggap Unik oleh Turis Asing

Melepas Alas Kaki Saat Bertamu

Bayangkan ada tamu ke rumah kalian dan dia nyelonong aja, tidak lepas sepatu. Pasti kesal kan? Karena memang kebiasaan ini sudah mendarah daging bagi kita. Selain menghindari kotoran, melepas sepatu saat bertamu juga menunjukkan kesopanan dan rasa hormat kepada tuan rumah. Cuma di sinetron aja kebiasaan ini tidak dilakukan.

Berbeda dengan budaya barat, mereka justru selalu memakai alas kaki di dalam rumah. Jadi kalian harap maklum kalau ada turis yang masuk dengan alas kaki. Jangan keburu ngegas, tapi kasih tau cara yang baik.

Makan Menggunakan Tangan

Coba deh makan masakan padang dengan tangan dan sendok. Kalau penulis sendiri sih berasa beda, lebih nikmat kalau makan pakai tangan. Meski kebiasaan ini juga dilakukan orang Timur Tengah, India, dan sekitarnya. Tapi bagi orang bule yang terbiasa makan dengan sendok dan garpu, kebiasaan makan dengan tangan sangat unik.

Makan Nasi Setiap Saat

Ada yang familiar dengan gambar di atas? Bagi kita mungkin biasa ya, mencampur nasi dengan lauk mie. Tapi bagi bule, hal ini aneh. Karena keduanya merupakan karbohidrat.

Nah kalau untuk kebiasaan yang satu ini sih sebaiknya dihilangkan karena para ahli kesehatan sudah memperingatkan makan nasi dan mie bersamaan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Tidak hanya itu saja yang bikin turis heran. Orang Indonesia kebanyakan kalau belum pake nasi, berarti belum makan. Walaupun pagi-pagi sudah makan 5 gorengan, tetap katanya masih belum makan.

Mandi Menggunakan Gayung

Bagi kita mandi dengan gayung sudah biasa ya. Tapi bagi turis asing rada unik karena mereka terbiasa mandi kalau gak pakai shower ya bathtub.

Menggunakan Toilet Jongkok

Walau sekarang terkesan ‘kuno’ dan tidak modern, tapi ternyata menggunakan toilet jongkok itu menyehatkan lho. Buang air besar menggunakan toilet jongkok membuat kotoran yang keluar lebih banyak dan ‘tuntas’ karena rektum relaks dan posisinya lurus.

Karena itulah disarankan bagi pengguna toilet duduk untuk memberi ganjalan di kaki (semacam jongkok) sehingga posisinya bisa menyamai saat BAB di toilet jongkok.


Itulah beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap unik oleh turis asing. Ada yang masih melakukan semuanya ? Yuk jangan lupa tinggalkan komentar kalian dibawah ini!

Sumber: Shopback