GameBerita Game

Apakah Boleh Nonton DVD di Console Game?

Seperti kita ketahui, rata-rata console game saat ini memiliki fitur untuk nonton DVD. Nah, apakah sebenarnya boleh nonton DVD di console game?

Seperti kita ketahui ketika generasi ke-6 console video game booming dari tahun 1998-2001.
Rata-rata format untuk memainkan game-nya adalah menggunakan Digital Video Disc atau Digital Versatile Disc atau yang biasa kita singkat juga dengan DVD.

Jauh Lebih Simpel Dari PS1

Nah ketika dulu pertama kali kita membeli console dari generasi ini katakanlah, Playstation 2 (PS2).  Ya tentunya kita menggunakan console ini untuk main game. Namun ketika akhirnya mengetahui bahwa kita juga bisa nonton home video format DVD, kitapun lantas mulai nonton DVD film juga melalui console ini.

Terlebih, tidak seperti console PS1 yang dulu kalau mau nonton Video Compact Disc (VCD) kita harus menggunakan peripheral seperti Gamars Movie Card. Untuk nonton DVD PS2, ya kita tinggal memasukkan saja DVD yang akan kita tonton ke dalam console tray-nya.

Selected for you
Cheat Guitar Hero Extreme Vol 4 PS2 100% Work

Dan gue sendiri juga sering melakukan ini dulu. Terlebih kala itu gue gak punya DVD player. Jadi ya PS2 gue secara gak langsung juga menjadi DVD player. Nah ketika dulu sering melakukan ini, ya tentunya gue gak mempedulikan peringatan orang sekitar.

Spesifiknya, peringatan yang memperingatkan kalau sebenarnya gak bagus atau gak boleh nonton DVD di PS2. Namun kini setelah beranjak tua, gue pun akhirnya bertanya lagi. Apakah sebenarnya boleh kalau kita nonton DVD melalui console game?

Secara Teknis Sangat Tidak Dianjurkan

Apabila ingin menjawab boleh atau tidak ini, sebenarnya bisa kita lihat dari dua sisi. Kalau dari sisi hak asasi kita sebagai manusia, ya boleh-boleh saja. Toh istilahnya console sendiri, beli sendiri, kalau rusak pun ya resiko sendiri.

Tapi kalau melihat dari sisi aturan teknisnya, maka seperti yang terlansir juga dari ScreenRant, maka sangat tidak dianjurkan. Alias, memang gak baik untuk menggunakan console kita selain untuk memutar DVD game-nya.

Selected for you
Fitur Rahasia PS2 Ini Berhasil Disembunyikan Selama 20 Tahun

Alasannya

Kitapun kini menjadi bertanya. Mengapa tidak boleh nonton DVD melalui console game? Jawaban singkatnya, hardware console berformat DVD memang sudah dirancang untuk main game.

Termasuk rancangan tray, pemutar, dan juga optiknya yang memang sudah mereka rancang khusus untuk DVD game saja. Sebaliknya demikian juga dengan DVD player. Mereka memang terancang untuk memberikan experience nonton DVD yang maksimal.

Bahkan software, coding, dan sirkuit elektriknya pun juga sudah terancang untuk fungsi masing-masing. Memang sekali lagi, kita bisa nonton DVD melalui console game kita. Tapi ya sekali lagi console kita memang gak dirancang untuk nonton DVD (fungsi utamanya).

Dan apabila kita sering menggunakannya untuk itu, selain bisa cepat melemahkan optik console-nya. Juga secara experience/kenikmatan nonton pun akan kurang banget. Ya terkecuali kalau kamu enjoy-enjoy saja.

Selected for you
Cheat God of War PS2, Ada Kostum dan Film Khusus

Jadi ya guys. Kalau gue boleh saranin nih. Mulai sekarang berhentilah nonton DVD melalui console game yang kita miliki. Nontonlah melalui mesin pemutar yang seharusnya alias DVD Player oke?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications