Cara Memperbaiki Performa Cyberpunk 2077 Untuk PC

in , , ,
Cara Memperbaiki Performa Cyberpunk 2077 Untuk Pc
Cara Memperbaiki Performa Cyberpunk 2077 Untuk PC | CD Projekt Red

Game Cyberpunk 2077 saat ini menjadi salah satu primadona baru bagi kalangan gamer pada tahun 2020 ini . Akan tetapi, hype yang sudah mereka bangun justru buyar begitu saja. Meskipun sudah untung dari sisi penjualan bahkan sebelum game ini rilis,. Namun dari sisi kepuasan pelanggan, Cyberpunk 2077 sangatlah mengecewakan.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, banyak gamer yang mengeluhkan bug serta kualitas dan performa yang ditawarkan untuk console PlayStation 4 dan Xbox One. Selain console, versi PC-nya yang juga memiliki performa kurang menyenangkan bagi beberapa gamer, sehingga  membuat Cyberpunk 2077 menjadi buah bibir dikalangan para gamer.

Bahkan untuk versi console-nya, ada kebijakan refund yang pihak pengembang tawarkan meskipun gamer sudah memainkannya lebih dari dua jam. Menyikapi hal yang terjadi, CD Projekt Red selaku pengembang telah meminta maaf atas apa yang terjadi. Selain itu pihak pengembang juga berjanji untuk memberikan patch untuk memperbaiki game tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
CD Projekt Tunda Cyberpunk 2077 Hingga September Mendatang

Setelah memberikan pacth baru, ternyata patch yang mereka hadirkan juga banyak mendapatkan komplain karena ukuran file-nya yang sangat besar dan membebankan hardisk. Namun bagi para gamer PC, kalian tidak perlu khawatir mengingat ada kiat lain untuk memperbaiki performa dari game tersebut selain update dari CD Projekt Red.

Terdapat beberapa solusi yang bisa kalian lakukan mulai dari mengotak-atik configuration file hingga melakukan settingan khusus untuk mengoptimalkan game ini. Nah bagi kalian yang penasaran, kali ini Dafunda Game bakal membahasnya untuk kalian.

Cara Memperbaiki Performa Cyberpunk 2077 Untuk PC

Mengotak-atik Configuration File

Bagi kalian yang mengalami performa buruk saat memainkan Cyberpunk 2077 melalui PC kesayangan kalian. Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengotak-atik Configuration File.

Cara ini akan mengoptimalkan beberapa hal dan membuat game berjalan lancar. Salah satu pengguna Reddit, ThePhoenixRoyal memberikan apa saja yang harus kalian perhatikan ketika melakukan konfigurasi.

JANGAN LEWATKAN •
7 Artis Hollywood Yang Pernah Jadi Karakter Video Game
Cyberpunk 2077 Steam
Cyberpunk 2077 Steam | Steam

Bagi kalian yang memainkan Cyberpunk 2077 melalui Steam, kalian bisa mengubah file yang terletak pada bagian ini:

Steam\steamapps\common\Cyberpunk2077\engine\config\memory_pool_budgets.csv

Ketika menemukan file memory_pool_budgets.csv, kalian bisa membuka file tersebut menggunakan editor teks apa saja seperti Notepad. Setelah itu kalian akan melihat bagian PoolCPU memiliki ukuran 1.536 MB yang dialokasikan untuk menjalankan game itu.

Jumlah tersebut tentunya masih sedikit karena Cyberpunk 2077 mengharuskan kalian memiliki 8GB memory sebagai persyaratan minimum. Untuk PoolGPU, kalian memiliki ukuran alokasi sekitar 3GB VRAM.

Bagi kalian yang ingin meningkatkan performa untuk game ini, kalian bisa menggunakan setengah kapasitas dari RAM kalian. Misalnya jika kalian memiliki RAM 16GB, ada baiknya menaikkan angka PoolCPU dari 1.536MB menjadi 8GB. Kalian tinggal menyesuaikan saja dengan ukuran RAM milik kalian.

cara memperbaiki performa cybepunk 2077
Configuration File Cyberpunk 2077 | ScreenShoot

Sedangkan untuk PoolGPU, kalian harus melihat VRAM yang tersedia dalam GPU kalian, jika memiliki ukuran VRAM 6GB, maka kalian bisa menaikkannya ke angka 4GB-5GB. Jika menggunakan GPU kelas atas seperti RTX 2080, kalian bisa menaikkannya ke angka 8GB. Intinya, semua settingan tergantung jumlah VRAM yang GPU kalian miliki.

JANGAN LEWATKAN •
Best Buy Berikan Opsi Refund Cyberpunk 2077

Setelah itu kalian langsung melakukan penyimpanan dan kemudian jalankan game. Kalian bisa melihat sendiri bagaimana hasilnya nanti apakah berpengaruh atau tidak. Karena hasil yang diperoleh mungkin berbeda setiap orang apalagi ini bukanlah cara yang umum. Namun mayoritas gamer mengakui cara ini cukup ampuh untuk memperbaiki performa.


Melakukan Setting Visual Dalam Game

Jika cara pertama yang kalian lakukan tidak berhasil sama sekali, kalian juga bisa melakukan setting visual langsung melalui game Cyberpunk 2077. Cara ini bisa menjadi solusi lain jika kalian takut atau tidak berhasil dengan solusi pertama.

Setingan Terbaik Cyberpunk 2077 Untuk Pc
Setingan Terbaik Cyberpunk 2077 Untuk PC | CD Projekt Red

Bagi kalian pengguna PC, Screen Space Reflections dan Ambient Occlusion adalah yang harus kalian setting low meskipun kalian menggunakan GPU RTX dari Nvidia. Langkah ini bisa kalian lakukan karena menghasilkan visual yang tetap bagus tanpa mengorbankan banyak performa dari GPU kalian.

Selanjutnya ada Volumetric Clouds dan Colow Precision yang bisa kalian setting medium atau Ultra. Pilihan Medium setting lebih baik dibandingkan low karena jika low perubahan visual akan sangat terasa. Sedangkan untuk Local shadow quality, cascaded shadow range, cascaded shadow resolution, dan distant shadow resolution bisa kalian setting High.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Cepat Menaikkan Reputasi Atau Street Cred Cyberpunk 2077

Beberapa setting tersebut bisa kalian terapkan demi memperbaiki performa Cyberpunk 2077. Namun jika kalian masih bingung, kalian bisa menonton video dari Digital Foundry agar lebih jelas, berikut videonya:


Nah itulah sedikit penjelasan tentang Bagaimana Cara Memperbaiki Performa Cyberpunk 2077 Untuk PC. Masih banyak panduan Cyberpunk 2077 yang belum kami bagikan. Oleh karena itu, pastikan kalian pantau terus Dafunda Game agar mendapatkan informasi dan Guide Cyberpunk 2077 yang mungkin bisa membantu kalian.

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.