GameGame ListNintendoPCPC & ConsolePlaystation

7 Fakta Baru Game Resident Evil 4 Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Resident Evil 4 merupakan game yang berlatarkan timeline seri utama franchise Resident Evil yang rilis pada tahun 2005. Butuh waktu enam tahun lamanya bagi sang Developer dan Publisher (Capcom) untuk kembali melanjutkan timeline utama dari franchise yang telah mereka bangun.

Nah, guys. Pada tulisan kali ini, kita bakalan kupas tuntas apa aja sih fakta unik, sekaligus yang sepertinya baru muncul setelah game Resident Evil 4 yang rilis hampir 20 tahun lalu. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Masa Pengembangan Yang Cukup Lama

Capcom Resident Evil 4
Proses pengembangan seri keempatnya sudah di lakukan sejak 1999 | Capcom

Sejak Capcom merilis seri pertama game Resident Evil, tim mereka paling lama hanya menyiapkan sekuel atau game selanjutnya dengan jarak waktu yang terbilang singkat. Namun di Resident Evil 4 ini, Capcom sendiri sudah melakukan proses pengembangan game tersebut bahkan sejak Resident Evil 3: Nemesis baru saja rilis di tahun 1999, loh!

Selected for you
Apakah Chris Redfield Masih Karakter Baik Atau Justru Jahat Di Game Resident Evil: Village?

2. Hideki Kamiya Adalah Sutradara Originalnya

Rely On Horror Hideki Kamiya
Hideki Kamiya | Rely On Horror

Buat yang belum tau, nih. seri Resident Evil 4 merupakan seri terakhir yang di sutradarai oleh Shinji Mikami. Yang merupakan kreator asli dari franchise tersebut. Namun aslinya, posisi sutradara dalam seri keempatnya ini harusnya di isi oleh Hideki Kamiya. Namun dia saat itu memutuskan mengundurkan diri dan fokus mengembangkan game-game Capcom lainnya.

3. Riset Lokasi Yang Enggak Tanggung-tanggung

True Trophies Resident Evil 4 Trailer
Tim pengembangnya bahkan sampai terjun ke beberapa lokasi | TrueTrophies

Ya layaknya seorang pemeran yang ingin mempelajari perannya. Tim pengembang dari game Resident Evil 4 ini bahkan sampai terjun langsung mengunjungi beberapa tempat di sekitar Inggris dan Spanyol, loh. Enggak hanya berkunjung saja. Tapi mereka juga mengambil beberapa gambar selama perjalanan dengan kepentingan riset game tersebut.

4. Awalnya Merupakan Bagian Dari Proyek Capcom 5

Geeks Under Grace Capcom 5
Capcom 5 | Geeks Under Grace

Pasca Resident Evil 3: Nemesis. Capcom “berhenti” merilis seri-seri selanjutnya di platform PlayStation. Hal tersebut karena mereka sudah membuat kesepakatan dengan Nintendo untuk merilis game-game mereka secara eksklusif di konsol Nintendo GameCube yang di beri nama Capcom 5.

Seri keempatnya ini sempat ada dalam proyek tersebut sebelum akhirnya Capcom merilis game ini di PlayStation 2 dan juga PC.

Selected for you
Capcom Perlihatkan Trailer Pertama Resident Evil 4 Remake

5. Karya Terakhir Shinji Mikami

Inf News Shinji Mikami Resident Evil 4
Shinji Mikami | inf.news

Banyak yang tidak tahu kalau setelah Resident Evil 4 rilis. Sang kreator utama dari franchise ini yaitu Shinji Mikami sudah tidak ada lagi di daftar kredit. Mikami memutuskan keluar dan mengerjakan proyek di luar nama Resident Evil, seperti God Hand dan The Devil Within.

6. Pergantian Sutradara Sebabkan Demo RE 4 Cukup Banyak

Dsogaming Resident Evil 3.5
Penyebab banyaknya versi demo seri keempatnya | DSOGaming

Kami sudah cukup yakin jika sebagian pembaca tahu jika Resident Evil 4 total mempunyai empat versi demo. Banyaknya versi tersebut adalah akibat dari pergantian Sutradara yang terjadi sepanjang proses pengembangannya.

Selain Hideki Kamiya dan Shinji Mikami. Hiroshi Shibata menjadi nama ketiga yang sempat menjadi sutradara pasca hengkangnya Kamiya dari proyek tersebut sebelum kemudian di ganti kembali ke Shinji Mikami.

7. Hasil Akhirnya Bahkan Tidak Disambut Dengan Baik Oleh Tim Pengembang

Capcom Resident Evil 4
Hasil akhirnya bahkan tidak disambut dengan baik oleh tim pengembangnya sendiri | Capcom

Buat para fans game RE Classic, mereka pasti punya reaksi yang campur aduk setelah tahu kalo seri keempatnya ini malah lebih terlihat ke arah action daripada survival horror. Enggak cuma mereka aja. Bahkan tim pengembangnya sendiri awalnya enggak menyambut baik hasil akhir dari game tersebut. Meski kita tahu kalo game ini masih di bawah pengawasan Mikami sebagai kreatornya.

Selected for you
Pembahasan J'avo Di Game Resident Evil 6, Zombie Yang Punya Kesadaran

Itulah tadi tujuh fakta baru game Resident Evil 4 yang mungkin belum banyak di ketahui orang, bahkan mungkin kamu sendiri. Gimana nih tanggapan kalian dengan pembahasan diatas?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications