Fitur Rahasia PS2 Ini Berhasil Disembunyikan Selama 20 Tahun

in ,
Fitur Rahasia PlayStation 2
Fitur Rahasia PlayStation 2 | Sony PlayStation

Playstation 2 (PS2) menjadi salah satu konsol paling laris di seluruh dunia yang pernah dibuat Sony. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2000 silam, perusahaan elektronik asal Jepang itu telah menjual lebih dari 155 juta konsol game. Tentunya ini menjadi salah satu pencapaian yang memuaskan bagi Sony.

Seri konsol PlayStation memang memiliki saingan dari awal perilisan hingga saat ini. Namun, statistik penjualan dan popularitas membuktikan kejayaan PlayStation di era game konsol.

Rekor dunia dari Guinness World Records menjadi bukti kebenaran bahwa Sony adalah pengembang konsol yang mendominasi pasar selama 25 tahun. Angka penjualan 450 juta unit ini bisa saja bertambah menjadi setengah milyar mengingat konsol anyar Sony PS5 juga masih dalam tahap pengembangan.


Rahasia PS2 Yang Jarang Diketahui

Namun tahukah kalian, menjelang perayaan 20 tahun kontribusi konsol PlayStation 2 (PS2), Sony mengungkapkan satu rahasia PS2 yang mungkin sebagian besar orang tidak mengetahuinya.

JANGAN LEWATKAN •
Cheat Need for Speed Underground 2 PS2 Lengkap

Rahasia tersebut diungkapkan melalui akun twitter resmi PlayStation. Ternyata dengan satu langkah sederhana, logo PlayStation pada konsol PS2 bisa berganti arah. Fitur ini akan berguna bagi pengguna yang lebih suka menempatkan konsol dengan posisi berdiri.

Mengingat konsol PS2 kini sudah memasuki 20 tahun, tentunya menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi Sony berhasil menyembunyikan rahasia tersebut. Mengingat banyak para gamer yang mencoba untuk mengulik fitur-fitur yang terdapat didalam konsol tersebut.

Meski rahasia ini sudah diungkap, namun untuk membuktikan fakta ini tidak mudah. Pasalnya orang yang ingin mencobanya harus memiliki perangkat PS2. Bagi mereka yang tidak memiliki perangkat PS2, tidak akan bisa mencoba rahasia ini.

Selain itu penggemar Playstation saat ini mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan PS2. Karena konsol game tersebut sudah dihentikan produknya sejak tahun 2013 lalu. Alasan Sony mempensiunkan PS2 karena telah meluncurkan generasi penerusnya, yakni Plasystation 3.

JANGAN LEWATKAN •
Cheat God of War PS2, Ada Kostum dan Film Khusus

Sejarah Kesuksesan PlayStation 2

Sejarah PS2
PlayStation 2 | Sony

PlayStation 2 sebenarnya datang di pasar yang memiliki banyak persaingan. Ketika awal dirilis, dia menghadapi lawan dari Sega Dreamcast, Microsoft Xbox dan Nintendo GameCube.

Sega yang pertama kali gagal membendung sepak terjang PS2. Di mana konsol Dreamcast akhirnya berhenti dipasarkan pada tahun 2001 karena semakin menurun penjualannya.

PlayStation 2 kemudian masih mendapat perlawanan ketat dari Xbox dan GameCube. Xbox sejatinya punya keunggulan dengan hardware paling kuat dan GameCube dijual lebih murah.

Namun PlayStation 2 tetap berjaya karena berbagai faktor. Di antaranya basis penggemar PlayStation sudah kuat, bisa memutar DVD, promosi besar-besaran dan komitmen developer pengembang game untuk PlayStation 2 sangat tinggi.

Penjualan game PlayStation 2 pun sangat tinggi, mencapai 1,52 miliar judul game. Sampai saat dipensiunkan awal 2013, PlayStation 2 sejatinya masih diminati dan masih banyak dimainkan. Namun Sony memutuskan itu waktu paling tepat untuk mengistirahatkan konsol bersejarah ini.

JANGAN LEWATKAN •
Steam Tambahkan Fitur Dukungan Beta Untuk DualSense Controller PS5

Nah, bagi kalian yang masih memiliki perangkat PS2, kalian bisa mencoba membuktikan rahasia PS2 terbaru yang telah berhasil bertahan selama hampir 20 tahun ini. Selamat mencoba !