Inilah 15 Daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa

in ,
Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa

Bagi kalian pecinta game pastinya tahu kalau ada beberapa franchise game paling laris yang tidak terlupakan hingga sekarang. Saking terkenalnya, game-game ini masih saja di mainkan oleh orang-orang walaupun sudah melintasi berbagai zaman.

Game merupakan sebuah hiburan yang paling diminati oleh berbagai kalangan mulai anak-anak maupun dewasa. Apalagi saat ini tipe game online semakin mendongkrak popularitas game di masyarakat.

Jika kalian seorang gamer sejati tentunya bermain game adalah suatu kegiatan yang harus kalian lakukan hampir setiap harinya. Game selalu menemani kita untuk menghilangkan rasa stres atau sebagai objek pengisi waktu luang kita.

Nah, berbicara mengenai franchise game terkenal. Berikut merupakan game-game franchise paling hits sepanjang masa dengan penjualan franchise melebihi di atas 100 juta kopi. Kira-kira game apa saja ya? berikut daftarnya.

Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa

15. Pro Evolution Soccer ( 100 Juta Copy )

franchise game paling laris Pro Evolution Soccer

Mengawali daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa ada game sepak bola paling populer yakni Pro Evolution Soccer atau lebih dikenal dengan sebutan PES.

Di Jepang PES dikenal dengan sebutan World Soccer: Winning Eleven. Tidak terbantahkan jika Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer adalah salah satu game sepakbola terbaik sepanjang masa.

Ketenaran dan banyaknya gamer di muka bumi yang pernah bermain kedua game tersebut adalah salah satu bukti kesuksesan Konami dalam pengembangan WE dan PES. Bahkan game ini mampu menandingi game paling berlisensi yaitu FIFA. Berikut sepenggal sejarah mengenai game WE dan PES.

Pada awal perilisannya pada tahun 1995, PES dikenal dengan nama J-League Jikkyou Winning Eleven. Namun seiring dengan berkembangnya franchise ini, kini PES sudah terjual lebih dari 100 juta copy.

Hingga saat ini, Konami selaku pengembang dari PES terus melakukan pengembangan terhadap gamenya. Yang terbaru, Konami diketahui baru saja memperbarui game mereka dengan nama E-Football PES 2020.


14. Assassin’s Creed ( 100 Juta Copy )

franchise game paling laris Assassins Creed

Di urutan selanjutnya ada franchise game Assassin’s Creed. Assassin’s Creed merupakan video game action adventure yang dibuat oleh Ubisoft.

Game ini bisa dimainkan di console game Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Xbox One, Microsoft Windows, OS X, Nintendo DS, Playstation Portable, Playstation Vita, Handphone, dan Wii U.

Seri pertama dari franchise ini dirilis pada tahun 2006 untuk konsol Playstasion 3 dan 2008 untuk konsol PC. Di awal perilisannya, game ini langsung mendapatkan award E3 pada tahun 2006.

Hingga kini franchise Assassin’s Creed telah mencapai 11 judul dan yang paling terbaik dari semua seri menurut gamer yaitu Assassin’s Creed Odyssey.


13. Lego ( 100 Juta Copy )

Lego

Semenjak tahun 1995, total sudah ada 69 judul game seri dari Lego yang diproduksi oleh The Lego Group. Game Lego ini sempat beberapa kali pindah pengembang dan penerbit mulai dari Mindscape lalu Lego Media yang kini Lego Software lalu 2002 menjadi Lego Interactive.

Lego dalam bahasa Denmark diambil dari kata leg godt yang artinya “bermain dengan baik.” Kemudian sang pencipta mengetahui belakangan bahwa lego juga memiliki arti dalam bahasa Latin, yakni “saya merakit” atau “saya menyusun.” Dari situlah ide mainan susun terinspirasi.

Pada tahun 1947, Lego mengganti bahannya dengan plastik. Dari tahun ke tahun perusahaan Lego terus mengembangkan produk mereka agar semakin mudah dan aman dimainkan.

Pada tahun 1968, Legoland Park atau Taman Bermain Lego dibuka di Billund, Denmark. Pada saat itu Lego sudah mulai populer bahkan dijual ke berbagai tempat di penjuru dunia.


12. Sonic The Hedgedog ( 123 Juta Copy )

franchise game paling laris Sonic The Hedgedog

Sonic the Hedgehog atau “Sonic Sang Landak” adalah tokoh protagonis utama dalam serial game Sonic terbitan Sega. Sonic juga menjadi maskot resmi perusahaan raksasa asal Jepang itu, sama halnya seperti Mario Bros milik Nintendo.

Sesuai namanya, Sonic digambarkan sebagai seekor landak berwarna biru yang anehnya selalu berumur 15 tahun.

Munculnya Sonic dilatarbelakangi keinginan Sega untuk membuat karakter orisinil yang akan menggantikan Alex Kidd yang ketika itu menjadi mascot mereka. Sega juga ingin agar karakter baru itu mampu manyaingi kesuksesan game Super Mario.

Franchise game ini mengawali debutnya pada tahun 1991. Sega seri membuat seri Sonic Forces yang dirilis pada November 2017 untuk platform PS 4, Xbox One dan PC. Game ini berpendapatan sebanyak 4 Triliun.


11. Madden NFL ( 130 Juta Kopi )

Madden NFL

Game yang satu ini mungkin kurang populer di Indonesia, walaupun begitu game Madden NFL masih bisa bersaing dengan game-game populer lainnya. Seri pertama game ini pertama kali dirilis pada tahun 1988.

NFL memang tidak populer di Indonesia, tapi bukan berarti game ini tidak bisa dimainkan. Gaya bermain yang sangat menantang membuat kalian tidak akan mau berhenti bermain game ini.

Pada 2013 franchise ini telah menghasilkan angka penjualan yang fantastis yaitu lebih dari USD 4 miliar atau setara Rp 57 Triliun. Fantastis bukan ?


10. Final Fantasy ( 142 Juta Kopi )

Final Fantasy

Awal dimulainya sejarah Final Fantasy yaitu pada pertengahan tahun 1980-an, saat itu Square baru memasuki industri video game Jepang dengan membuat game RPG sederhana, game balap, dan menjadi game platformers untuk Famicom Disk System Nintendo.

Kemudian pada tahun 1987, desainer lapangan Hironobu Sakaguchi memilih untuk membuat fantasi role-playing game terbaru berbasis cartridge, yang mana terinspirasi dari game fantasi populer Dragon Quest dan The Legend of Zelda.

Sepanjang sejarahnya,  Playstation bukanlah satu-satunya platform yang menampung Final Fantasy, Nintendo adalah konsol yang pertama kali menjadi tempat bernaungnya game ini.

Di lihat dari sejarahnya, Final Fantasy sendiri telah bergonta-ganti team creator, Hironobu sakaguchi sendiri sebagai penemu hanya mengarahkan final fantasy pertama hingga Final fantasy V.

Kemudian Sakaguchi menjabat sebagai produser untuk game berikutnya sampai ia meninggalkan Square pada tahun 2001. Yoshinori Kitase kemudian mengambil alih mengarahkan game sampai Final Fantasy VIII. Hingga saat ini Final Fantasy sudah memiliki 14 seri yang terbilang sukses.


9. Need For Speed ( 150 Juta Copy )

Need For Speed

Need for Speed ​​merupakan salah satu game balap paling sukses di dunia, dan salah satu waralaba yang paling sukses sepanjang masa. Pada Oktober 2009 , lebih dari 140 juta kopi game dalam seri Need for Speed ​​telah terjual.

Serial Need for Speed (NFS) diluncurkan pertama kali pada tahun 1994 dan terus bertahan sampai saat ini. Serial ini bersalin nama menjadi Over Drivin saat dirilis di Jepang.

Satu-satunya fitur yang paling sering dipertahankan pada setiap seri NFS adalah fitur kejar-kejaran antara polisi dengan pembalap alias hot pursuit.

Total franchise game ini sudah mencapai 25 seri dengan seri Most Wanted sebagai seri game terlaris yang pastinya jika kalian gamer pasti mengetahui seri tersebut. Hingga saat ini, Need for Speed berhasil menjual 150 juta kopi dengan pendapatan Rp 2 Triliun.


8. Minecraft ( 154 Juta Copy )

franchise game paling laris Minecraft

Minecraft yang saat ini sudah memiliki 3 spin-off yaitu Story Mode, Education Edition dan Dungeons juga masuk dalam daftar franchise game terlaris sepanjang masa. Diciptakan oleh game desainer bernama Markus “Notch” Persson asal Swedia dan dirilis pertama kali pada 18 November 2011.

Minecraft sendiri adalah permainan sandbox yang diciptakan oleh Mojang yang dipimpin oleh Markus ‘Notch’ Persson dari Swedia. Setelah Persson pergi, pada tahun 2011, Jens ‘Jeb’ Bergensten mengambil alih kendali Minecraft sebagai Developer Game Mojang.

Sampai saat ini, jumlah pemain aktifnya sangat luar biasa menurut laporan pada pertengahan tahun 2018 mencapai 91 Juta Pemain aktif dari seluruh dunia setiap bulannya.

Pada September 2014 lalu, Microsoft resmi membeli Mojang beserta IP ini dengan nilai 2,5 miliar dolar. Dan pada Oktober 2018, Microsoft mengumumkan Minecraft telah terjual hingga 154 juta kopi.


7. Tetris ( 170 Juta Copy )

Tetris

Di urutan selanjutnya dalam daftar ini adalah game Tetris. Game ini dirilis pertama kali pada tahun 1984 yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov. Waktu itu permainan ini belum bernama Tetris, namanya adalah Tetrominoes. Pajitnov membuatnya menggunakan sebuah komputer kuno, yaitu komputer pertama di zaman itu.

Tetris menjadi permainan yang populer dimulai tahun 1988 dalam bentuk permainan elektronik bernama Game Boy yang diluncurkan oleh Nintendo. Dulunya Nintendo ingin memasukkan game-nya sendiri, yaitu Super Mario Bros ke dalam Game Boy.

Namun ide ini akhirnya tidak jadi dilakukan mengingat bahwa Tetris lebih menarik perhatian semua orang dibandingkan Super Mario bros yang waktu itu hanya disukai anak-anak.

Hingga tahun 1996, akhirnya perusahaan bernama Tetris Company didirikan guna mengurus semua lisensi, pelatihan, dan perizinan.

Kini Tetris juga sudah ada dalam Xbox One dan Playstation 4 dengan nama tetris Ultimate, yang merupakan hasil kerja sama antara Ubisoft dan Tetris Company.


6. The Sims ( 200 Juta Copy )

The Sims

Di list selanjutnya ada franchise The Sims yang merupakan sebuah game simulasi. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2000. Game ini merupakan cikal bakal popularitas game dengan genre simulasi.

Game ini dikembangkan oleh  Maxis & diterbitkan oleh Electronic Arts yang diciptakan dan didesain oleh Will Wright. Sejak hari itu game The Sims mampu terjual hingga 100 juta kopi untuk sekuel dan ekspansi gamenya dengan menghasilkan total pemasukan USD 2.5 Miliar, sehingga the sims dinobatkan sebagai sebuah permainan komputer dengan hasil penjualan terbesar dalam sejarah.

Ketika game ini akhirnya diluncurkan di tahun 2000, game ini tidak hanya sukses, tetapi juga berhasil menjadi salah satu dari game komputer yang paling banyak terjual sepanjang masa. Berkat kepopulerannya, membuat game ini berhasil terjual sebanyak 200 juta kopi dengan pendapatan menyentuh angka Rp 2 Triliun.


5. FIFA ( 260 Juta Copy )

franchise game paling laris FIFA

Di urutan kelima ada game sepak bola yakni FIFA. Kesuksesan dari game FIFA ini dimulai sejak perusahaan Electronic Arts meluncurkan game yang bernama FIFA International Soccer atau yang biasa dikenal dengan FIFA 94.

Pada saat itu game ini diluncurkan ke publik pada tanggal 15 Juli 1993 dengan menawarkan grafis yang menarik dan menakjubkan yang di desain sedemikian rupa sampai bisa dibilang sempurna pada zaman itu.

Tercatat sampai saat ini, FIFA sudah mencapai angka penjualan 260 juta kopi dari semua seri yang telah dirilis semenjak 15 Juli 1993 yang berjudul FIFA International Soccer.

Dari semua seri FIFA yang paling laris jatuh kepada FIFA 18 yang berhasil masuk ke dalam video game terlaris sepanjang masa di posisi ke 21 dengan penjualan 24 Juta Kopi. Bahkan diketahui jika Guiness World Records menjadikan FIFA menjadi franchise game olahraga terlaris diseluruh dunia.


4. Call Of Duty ( 275 Juta Copy )

franchise game paling laris Call Of Duty

Di urutan keempat dalam daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa jatuh kepada Call Of Duty. Hadir pertama kali dengan mengangkat konsep Perang Dunia II serta melirik platform PC sebagai awal dari strategi pemasaran, membuat pihak Activition selaku publisher terus melakukan pengembangan.

Sehingga serial game ini mampu hadir di berbagai platform seperti saat ini, mulai dari PC hingga platform Playstation, Xbox, serta iOS pun ikut mencicipi game ini.

Game yang dalam proses pengembangannya melibatkan banyak developer ini memang memiliki ciri khas tersendiri dalam gaya permainanya, terutama seri paling mendominasi yakni besutan developer Infinity Ward dan Treyach.

Seiring dengan berjalannya waktu, game ini semakin mengembangkan temanya dengan lebih menarik, kekinian, futuristik dimulai pada seri Modern Warfare. Sampai saat ini Call of Duty sudah merilis 14 seri dengan pendapatan sekitar Rp 3 Triliun, menjadikannya game dengan genre FPS tersukses.


3. Grand Theft Auto ( 280 Juta Copy )

Grand Theft Auto

Di urutan ketiga dalam daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa jatuh kepada Grand Theft Auto. Grand Theft Auto atau GTA merupakan game buatan Rockstars Games. Seri pertama dari game ini dirilis pada tahun 1997 dan seri terakhirnya dirilis pada tahun 2013 yaitu GTA V.

Seperti yang kita ketahui, GTA V menyumbang penjualan sebanyak 100 juta copy. Dengan itu penghasilan yang diperoleh dari franchise game ini sangat fantastis yaitu menghasilkan lebih dari Rp 82 Triliun sejak rilis 2013.


2. Pokemon ( 301 Juta Copy )

franchise game paling laris Pokemon

Di urutan kedua dalam daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa jatuh kepada game Pokemon. Seri pertama dari game ini yaitu Pokemon Red dan Blue dirilis pada tahun 1996.

Seperti yang kita ketahui, game ini sempat mendobrak popularitas game smartphone dengan serinya yakni Pokemon Go, meskipun saat ini popularitasnya kian menurun tidak seperti saat awal perilisannya.

Pada 16 November 2018 Pokemon juga kembali menggemparkan dunia dengan seri terbaru berjudul Pokémon: Let’s Go, Pikachu! and Let’s Go, Eevee! yang menarik banyak perhatian.

Namun game ini hanya tersedia pada Nintendo Switch saja. Sampai saat ini Pokemon berhasil berpendapatan hingga Rp 4 Triliun.


1. Mario Bros ( 570 Juta Copy )

franchise game paling laris Mario Bros

Di urutan pertama dalam daftar Franchise Game Paling Laris Sepanjang Masa jatuh kepada game Mario Bros. Pada awalnya, karakter utama dalam permainan ini bernama Jumpman. Nama itu terlintas dalam benak Miyamoto karena programnya yang mengharuskan meloncat-loncat melalui rintangan.

Dilansir dari The Guardian, kantor Nintendo di Amerika Serikat memikirkan nama yang lebih baik untuk rilisan game itu. Akhirnya, mereka memberikan nama “Mario”.

Hingga saat ini belum ada yang bisa mengalahkan penjualan dari game ini. Bagaimana tidak, dari keseluruhan seri game ini telah mencapai penjualan 570 juta kopi. Dengan seri tertinggi yaitu Super Mario 327 juta kopi, lalu seri Mario Kart 125 juta kopi.


Nah Itulah tadi 15 franchise game paling laris sepanjang masa yang bertahan hingga saat ini dan akan terus bertambah dan kemungkinan posisi akan bergeser. Adakah salah satu franchise game di atas yang menjadi favorit kalian?

Jangan pernah bosan untuk terus mengunjungi Dafunda Game, karena kami akan terus memberikan informasi dan rekomendasi menarik lainnya seputar dunia game.

Tinggalkan Balasan