5 Game Kontroversial yang Terkenal dengan Gameplay Sadis

in ,
Game Kontroversial Paling Sadis0

Meskipun kini sudah banyak hal positif yang bisa diambil dari game, namun faktanya sebagian kalangan menganggap dunia game masih banyak hal negatif yang didapatkan.

Pada dasarnya, game diciptakan sebagai sarana alternatif untuk menghilangkan stress maupun kebosanan. Namun banyak para penggunanya menyalahgunakan game hingga sampai kecanduan.

Sebagian orang juga menganggap jika game memiliki dampak buruk bagi anak-anak dan remaja. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri lantaran banyak adegan di dalam game yang mengandung unsur kekerasan, pornografi serta aksi sadis dan brutal.

Nah kali ini Dafunda Game akan membahas perihal game terkenal kontroversial karena gameplaynya yang terbilang sadis. Langsung saja berikut ulasannya.

5 Game Kontroversial yang Terkenal Sadis Versi Dafunda Game

1. Mortal Kombat

Game Kontroversial Paling Sadis 1

Game kontroversial paling sadis yang pertama adalah Mortal Kombat. Siapa yang tidak kenal dengan game fighting yang satu ini, game ini adalah seri permainan video pertarungan yang dibuat oleh Ed Boon dan John Tobias pada tahun 1992.

Awalnya Mortal Kombat hanya tersedia ada di Arcade. Lalu diangkat oleh Acclaim Entertainment untuk diterbitkan di konsol permainan video. Terakhir, Midway Games mengambil alih Mortal Kombat.

Keberadaan game fighting sendiri sudah ada di industri game jauh sebelum game pertama Mortal Kombat dirilis. Namun saat itu, belum ada game fighting yang sebrutal dan sesadis Mortal Kombat.

Dalam game ini kekerasan yang ditampilkan tidak hanya sebatas cipratan darah saja, namun gerakan fatality seperti pemenggalan kepala, perobekan jantung, bahkan menghancurkan lawan hingga tidak dikenali wujudnya.

Dengan adanya game ini, maka didirikanlah ESRB yang merupakan sebuah organisasi regulator mandiri yang menilai permainan video, panduan periklanan, prinsip privasi daring permainan video dan perangkat lunak hiburan lainnya di Kanada dan Amerika Serikat.

2. Grand Theft Auto

Game Kontroversial Paling Sadis 2

Game kontroversial paling sadis yang kedua adalah Grand Theft Auto. Untuk game yang ada di urutan kedua ini sepertinya tidak memerlukan banyak penjelasan.

Karena game yang satu ini memang sangat erat kaitannya dengan kekerasan. Misalnya seperti membunuh, menabrak pejalan kaki, serta menembak orang-orang tidak bersalah menjadi contoh kecilnya.

Namun game itu masih tetap dicintai oleh para gamer dan permainan ini juga tidak lepas dari kontroversi. Pengembang game ini yakni Rockstar Games telah beberapa kali digugat karena dianggap bertanggung jawab atas beberapa kasus pembunuhan.

Salah satu contoh kasus adalah kasus pembunuhan yang menimpa Aaron Hamel dan Kimberly Bede pada 2003. Bahkan tidak tanggung-tanggung, GTA dinobatkan sebagai seri game paling kontroversial dalam sejarah oleh The Guiness World Records.

3. Manhunt

Game Kontroversial Paling Sadis 3

Game kontroversial paling sadis selanjutnya adalah Manhunt. Manhunt adalah game survival yang bernuansa horror. Di dalam game ini kalian akan menjadi James Earl Cash.

James Earl Cash adalah karakter protagonis yang merupakan tahanan hukuman mati yang dijanjikan kebebasan oleh seseorang bernama The Director. Demi mendapat kebebasan tersebut, James harus mengikuti perintah The Director untuk membunuh orang-orang tertentu.

Dengan adanya kekerasan yang ditampilkan di dalam game ini, membuat game Manhunt menjadi salah satu game paling kontroversial. Kontroversi ini semakin memuncak ketika adanya tragedi pembunuhan Stefan Pakeerah yang kabarnya diakibatkan oleh game ini.

4. Call of Duty: Modern Warfare 2

Game Kontroversial Paling Sadis 4

Game kontroversial paling sadis selanjutnya adalah Call of Duty: Modern Warfare 2. Penggemar game yang ber-genre FPS pasti kenal dengan game yang satu ini. Sebagai game yang dipenuhi aksi tembak menembak, sudah pasti Call of Duty: Modern Warfare 2 mengandung unsur kekerasan yang sangat kental.

Salah satu alasan yang membuat game ini menjadi kontroversial adalah adegan yang terdapat pada salah satu misinya yang berjudul “No Russian”. Di dalam misi tersebut kalian diajak untuk membunuh warga sipil yang tidak bersalah.

Meskipun game ini adalah game perang, namun adegan yang ditunjukkan tersebut membuat game ini disebut sebagai salah satu game paling kontroversial yang pernah dibuat.

5. Hatred

Game Kontroversial Paling Sadis 5

Dan game kontroversial paling sadis yang terakhir adalah Hatred. Hatred adalah sebuah game di mana tokoh utamanya merupakan seorang pembunuh yang ingin menghabisi siapa saja tanpa terkecuali, termasuk warga sipil yang tidak berdosa.

Jika dilihat dari sudut pandang isometrik, kalian diberikan kebebasan untuk membantai para manusia yang tidak bersalah. Hatred sendiri adalah game yang dirilis di Steam, namun sempat hilang dari peredaran akibat konten kekerasannya. Namun pada akhirnya game tersebut kembali tersedia di Steam hingga sekarang.


Nah itulah tadi deretan game kontroversial paling sadis versi Dafunda Game. Pada dasarnya bermain game adalah sebagai sarana kita untuk menghilangkan penat. Namun kita dituntun untuk bisa membedakan mana game yang bisa memberi sisi positif maupun tidak. Jadi bagi kalian yang sudah kecanduan bermain game, semoga bisa menjadi peringatan ya.

Ayo mulai berdiksusi