Hacker Merapat! Sony Sediakan Hadiah Rp700 Juta untuk Pembobol PlayStation 4

in , , ,
Sony Sediakan Hadiah Rp700 Juta Untuk Pembobol Playstation 4
Sony Sediakan Hadiah Rp700 Juta Untuk Pembobol Playstation 4 | Sony PlayStation

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak perusahaan teknologi yang membuka program bug-bounty. Program ini bertujuan untuk mencari orang-orang yang dapat menemukan celah keamanan di produk atau layanan mereka dan melaporkannya secara langsung.

Nah baru-baru ini Sony juga diketahui bakal membuka program tersebut kepada publik. Pengumuman tersebut disampaikan melalui Blog PlayStation yang tulis pihak Sony.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan imbalan bagi peneliti keamanan yang menemukan celah berbahaya di PlayStation 4 atau PlayStation Network dan melaporkannya kepada Sony sebelum disalahgunakan.

Hadiah Menanti Bagi Yang Berhasil Membobolnya

Playstation 4
Bug-Bounty Playstation 4 | Sony PlayStation

Dalam artikelnya, Sony menyatakan mereka berkomitmen untuk menyediakan pengalaman hebat bagi para gamer di seluruh dunia. Pihaknya juga mengungkapkan sangat senang bisa membuka program ini kepada publik. Pasalnya, bagi mereka keamanan produk merupakan bagian mendasar dari menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi komunitasnya. 

JANGAN LEWATKAN •
Playstation 4 Pecahkan Rekor Penjualan 1 Miliyar Game Sejak Diluncurkan!

Dalam postingan blognya, Sony cukup spesifik tentang bug apa yang mereka cari. Pihaknya ingin mencari siapa yang bisa menyerang sistem PlayStation 4, sistem operasi dan aksesorisnya, serta PlayStation Network dan website terkaitnya.

Bagi siapa yang berhasil menemukan celah di PlayStation Network, Sony akan memberikan imbalan sebesar USD 100-3.000 atau lebih, tergantung seberapa parah bug yang ditemukan.

Tidak hanya sampai disitu, pihak Sony juga bakal memberikan imbalan kepada siapa saja yang berhasil membobol sistem PlayStation 4 mereka. Pihak Sony diketahui sudah menyediakan hadiah sebesar $ 50,000 atau setara dengan Rp700 juta bagi siapa yang berhasil.

Telah Menjalin Kerjasama Dengan HackerOne

Hackerone X Playstation 4
Hackerone x Playstation 4 | HackerOne/Sony PlayStation

Sebenarnya program yang saat ini dibuka oleh Sony telah dijalan dengan secara diam-diam dalam beberapa kurun waktu belakangan. Akan tetapi, kali ini mereka membukanya untuk publik yang memiliki kemampuan dan ketertarikan untuk mengamankan sistem PlayStation 4.

JANGAN LEWATKAN •
'Crash Team Racing Nitro Fueled' CTR Remastered Resmi diumumkan

Untuk memastikan program ini berjalan dengan baik, pihak Sony juga telah bekerjasama dengan HackerOne. Yang mana HackerOne sendiri merupakan platform yang telah menjalankan program bug bounty untuk beberapa perusahaan besar seperti Twitter, Snapchat dan Uber. 

Berdasarkan situs HackerOne, Sony disebut telah membagikan imbalan dengan total USD 170.000 dengan rata-rata imbalan sekitar USD 400. Saat ini dunia gaming memang tidak lepas dari sasaran hacker, jadi wajar jika Sony ingin mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Bagaimana menurut kalian mengenai program bug-bounty dari Sony ini ? apakah diantara kalian ada yang tertarik ? Jangan sungkan untuk berbagi opini bersama Dafunda Game melalui kolom komentar di bawah ini yaa!!